Jelang Idul Adha, Puslitbangnak Kota Bogor Menggelar Bursa Hewan Qurban

Kota Bogor, Akuratnews.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Bogor menyelenggarakan Bursa Hewan Qurban 2017. Bursa hewan qurban (BHQ) itu dibuka sejak 23 Agustus hingga 1 September 2017 di Lapangan Puslitbangnak, Jalan Raya Padjadjaran, Kota Bogor.

Bursa hewan tersebut diikuti puluhan pedagang yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Catatan panitia, terdapat 200 ekor sapi dan 300 kambing/domba yang diperjual-belikan dalam bursa kali ini.

Kepala Seksi Humas BHQ, Fitra Aji Pamungkas mengatakan, bursa hewan ini sengaja digelar untuk mengimbangi harga hewan ternak di pasaran yang selalu melonjak menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Bursa hewan qurban ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penyediaan hewan qurban yang aman, sehat, dan tidak cacat,” kata Fitra, Senin (28/8).

Fitra menjamin harga yang dibanderol di BHQ lebih murah ketimbang harga ternak pasaran yang selalu melonjak jelang qurban.

Harga rata-rata daging ternak di BHQ, kata Fitra, diukur berdasar bobot hidup. Kisarannya Rp90.000 – Rp95.000 per kilogram untuk domba/kambing, serta Rp60.000 – Rp65.000/kilogram untuk sapi.

“Itu memang harga pasaran di Kota Bogor. Ini berdasar harga di tingkat rumah pemotongan hewan. Kalau di tempat lain biasanya suka naik menjelang qurban,” katanya.

Selain terjangkau, seluruh ternak yang dijajakan di BHQ juga dijamin sehat dan berkualitas. Setiap hewan diberi kalung sertifikat sehat yang disematkan setelah melalui pemeriksaan ketat.

“Kita juga ingin membantu peternak dan konsumen dengan memberikan rasa aman dan nyaman. Semua hewan ternak di sini dipastikan sehat karena sudah melalui proses pemeriksaan,” kata dia. (Dody)

Penulis:

Baca Juga