Jelang Lebaran, Stok Daging di Sinjai Aman

Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai, drh. Charidjah. /Ashari/AKURATNEWS
Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai, drh. Charidjah. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Bulan suci Ramadan ini, masyarakat diminta tidak mengkhawatirkan ketersedian daging sapi, sebab kebutuhan tersebut dijamin dan dipastikan aman hingga hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai, drh. Charidjah saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/4/2021).

”Insya Allah stok kebutuhan daging sapi di Kabupaten Sinjai selama bulan puasa hingga lebaran aman,” ungkapnya.

Charidjah menjelaskan, ketersediaan sapi potong saat ini sebanyak 21.730 ekor. Jumlah ini terdiri dari stok sapi jantan 13.317 ekor, dan sapi betina afkir 8.413 ekor. Jika dikonversi dalam satuan berat yaitu berkisar 3 ribu ton daging sapi.

Menurutnya, dimasa pandemi ini, kebutuhan konsumsi daging sapi di Kabupaten Sinjai mengalami penurunan, termasuk di awal bulan suci Ramadan, sehingga persediaan daging melimpah. Harga daging sapi saat ini seharga 120 ribu perkilogram.

“Permintaan daging sapi biasanya meningkat pada saat ada pesta pernikahan, hajatan, dan termasuk permintaan dari warung makan. Tapi di awal bulan puasa ini, permintaan menurun dan biasanya mulai meningkat menjelang lebaran,” bebernya.

Adapun jumlah sapi yang dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) kata Charidjah, berkisar 2 hingga 4 ekor perhari, tergantung dari permintaan konsumen. Sementara menjelang hari raya Idul Fitri, sapi yang dipotong biasanya mencapai hingga 30 ekor per hari.

“Jadi kebutuhan Ramadan maupun Idul Fitri, ketersediaannya sangat cukup, bahkan melebihi, sehingga kita juga distribusikan ke daerah lain. Masyarakat tidak perlu khawatir dan takut, sebab stok aman,” pungkasnya.***

Penulis: Ashari

Baca Juga