Jelang Nataru, Akmal Ibrahim Pimpin Apel Operasi Lilin Seulawah

Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH menyematkan pita pada perwakilan peserta Apel gabungan Operasi Lilin Seulawah 2021

AKURATNEWS, Abdya | Operasi Lilin Seulawah dalam rangka pengamanan hari raya Natal dan tahun baru (Nataru) 2022 wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) resmi dimulai hari ini, Kamis (23/12).

Peresmian ditandai dengan gelaran apel pasukan dipimpin langsung Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH di lapangan Mapolres Abdya, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie sekira pukul 08.50 WIB.

Meneruskan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Akmal menyebutkan apel gelar pasukan itu dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Perayaan Nataru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

"Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcarlantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19," ulang Akmal.

Untuk mengantisipasi kerawanan itu maka dilaksanakan Operasi Lilin Seulawah selama 10 hari dimulai dari Kamis (23/12) hingga Minggu (2/1).

Selain memberikan rasa aman pada perayaan Nataru, pokok tujuan Operasi Lilin Seulawah yaitu mencegah penyebaran Covid-19 serta mensukseskan percepatan vaksinasi nasional demi mewujudkan herd immunity.

"Operasi ini digelar dengan mengedepankan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," imbuhnya.

Pantauan, apel gelar pasukan tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat TNI Polri dan Pemkab setempat di antaranya Kapolres Abdya AKBP M Nasution, SIK, mewakili Dandim Abdya Kapten Inf Izhar, Kajari Abdya Nila Wati, SH, MH, perwakilan Legislator Abdya Sardiman, serta sejumlah para Kepala Dinas terkait lingkungan Kabupaten Abdya.

Penulis:

Baca Juga