USD/IDR masih di 13.700

Jelang Pengumuman PDB, Rupiah Tetap Kuat

Bank Indonesia pertahankan suku bunga, Rupiah stabil.
Bank Indonesia pertahankan suku bunga, Rupiah stabil.

AKURATNEWS - Nilai tukat USDIDR tetap positif sekitar 13.700 menjelang pengumuman PDB Indonesia. Pasangan USDUDR masih terus menanggung beban wabah Corona Wuhan China. Pasangan ini mengalami penurunan pada hari sebelumnya di tengah reset risiko di Asia. Disisi lain, Bank Indonesia siap untuk ikut campur kapan pun dibutuhkan, mempertimbangkan angka pertumbuhan mungkin akan naik untuk saat ini tetapi bisa segera mendapat tekanan.

Pada perdagangan pagi ini, USDIDR nampak berusaha mengabaikan kerugian hari sebelumnya sementara sedikit positif menjadi naik 0,10% ke 13,705. Pasangan ini turun karena pemulihan risiko di Asia hari sebelumnya. Namun, ketakutan yang terus-menerus akan virus korona dan kedekatan dengan data kunci membuat Rupiah Indonesia tetap di bawah tekanan.

Sesuai dengan Jajak Pendapat Reuters, ekonomi Indonesia akan berkembang 5,04% dari tahun sebelumnya, lebih cepat daripada laju dalam tiga bulan sebelumnya 5,02%, selama kuartal terakhir (Q4) tahun 2019. Namun, beberapa di antara 21 analis disurvei mencatat bahwa epidemi virus corona di Cina dapat merugikan ekonomi global, termasuk Indonesia.

Sementara ini Indonesia telah menghentikan sementara impor makanan dan barang dari Cina, meski belum ada kasus orang yang terinfeksi virus corona dari negara Asia sejauh ini.

Meski begitu, pembuat kebijakan di Indonesia tetap siap untuk campur tangan di pasar jika diperlukan sesuai komentar terakhir resmi Bank Indonesia (BI) pada hari Selasa. Nanang Hendarsah, Kepala manajemen moneter di BI mengatakan bahwa bank sentral melakukan intervensi di pasar spot mata uang, NDF domestik dan pasar obligasi untuk membendung penurunan rupiah.

Pasar mengantisipasi angka 5,04% YoY dibandingkan 5,02% sebelumnya, tetapi angka QoQ cenderung melunak menjadi -1,67% dibandingkan 3,06% sebelumnya.

Secara teknis, kecuali jika ada pergerakan yang bisa melanggar garis tren turun mulai dari November 2019, sekarang di 13.885, harga cenderung untuk menghindari mengunjungi daerah sub-13.600.

Penulis: Luqman Hqeem
Sumber:fxstreet

Baca Juga