Jembatan ke Balekambang Rusak Dihantam Ombak

Jembatan ke Pulau Balekambang rusak
Jembatan ke Pulau Balekambang rusak

Malang, AkuratNews.com - Di hantam ombak, jembatan penghubung menuju Pulau Balekambang, Malang rusak. Akibatnya, umat Hindu tidak bisa menjalankan ibadah di Pura yang ada di laut selatan Pulau Jawa ini.

Akhir-akhir ini, iklim ekstrim menyebabkan gelombang pasang yang sulit di prediksi. Tingginya gelombang di Laut Selatan telah menyebabkan sejumlah kerusakan di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Tak terkecuali di garis pantai Kabupaten Malang yang menghadap Samudra Hindia. Ketinggian ombak di pantai Balekambang, desa Bantur Kabupaten Malang, mencapai 3-5 meter.

Akibatnya jembatan penghubung pantai Balikambang dan pura di Pulau Balekambang yang merupakan tempat ibadah umat Hindu mengalami kerusakan parah. Sebagaimana keterangan yang disampaikan oleh Wildan Direktur PD. Jasa Yasa kepada Akurat News. Dikatakan olehnya bahwa saat ini jembatan yang merupakan akses menuju Pulau Balekambang rusak terjang ombak pada Rabu, (25/7/2018), sekitar pukul 8.00 WIB.

Memang ketinggian air sudah mulai meningkat sejak pagi, tapi baru sekitar pukul 8.00 ada ombak besar menghantam jembatan yang membuat beberapa tiang penyangga jembatan roboh serta menghancurkan jembatan.selain itu memang jembatan tersebut sudah tua umurnya.

Akibat kejadian itu untuk sementara waktu umat hindu belum bisa melakukan ibadah.karena kondisi jembatan saat ini masih dalam perbaikan. Saat ini PD.Jasa Yasa selaku pengelola pantai, sedang melakukan pembersihan yang di bantu oleh TNI, SAR, LMDH, serta masyarakat pengawas pantai. Selain itu, pengelola akan berkoordinasi dengan Dinas Cipta karya Kabupaten Malang agar jembatan dapat segera di perbaiki. (Rmn)

Penulis:

Baca Juga