Diterjang Air Kali Lamong

Jembatan Penghubung Gresik – Mojokerto Jebol

Gresik, Akuratnews.com - Banjir yang menerjang dan kecamatan di Kabupaten Gresik, yakni Kecamatan Benjeng dan Kecamatan Balongpanggang, memutuskan satu jembatan.

Jembatan yang putus diterjang banjir itu yakni jembatan penghubung antar Kabupaten Mojokerto dengan Gresik di Kecamatan Dawarblandong, Selasa (26/03/2019).

Tidak ada korban jiwa atas jebolnya jembatan tersebut. Namun arus transportasi lumpuh.

Selain menyebabkan jembatan putus sebayak 99 kepala keluarga di Dusun Talon Brak, Desa Talon Blandong terisolir dan beberapa rumah warga terut terendam air.

Kepala Desa Talon Blandong Anton Suprapto menuturkan, putusnya jembatan penghubung antara dusun yang berbatasan langsung dengan Mojokerto dan Gresik disebabkan karena pondasi jembatan terus tergerus aliran Sekali Lamong.

“Jembatan ini sebelumnya sudah pernah dipasangi beronjong supaya kuat saat air meluap. Tapi derasnya air membuat jembatan jebol,” ujarnya.

Jebolnya jembatan ini, mengakibatkan anak sekolah dan warga yang akan melintas jadi terhalang dan harus melalui jalan lain yang jaraknya jauh.

Sebagaimana diketahui, banjir yang melanda dua kecamatan ini terjadi akibat air Sungai Kali Lamong, meluap pada Selasa (26/03/2019) sore.

Akibat banjir ini, ratusan rumah warga terendam air. Dan puluhan hektar sawah terendam.

Kepala BPBD, Muhammad Zaini saat di konfirmasi mengaku sudah pernah mengajukan kepada pemerintah pusat agar direnovasi.

“Kita dulu pernah usul ke PUPR pusat tahun 2017 dan 2018 dan PUPR sudah membuat DD tentang angaran namun fisiknya belum disetujui,” katanya.

Penulis: Mujiono
Editor: Redaksi

Baca Juga