Jika Larangan Pemakaian Cadar Terealisasi, Jubir PA 212: Laporkan Menag ke Polisi

Menteri Agama, Fachrul Razi. (foto Net)

"Kalau sampai wacana itu direalisasikan oleh menag maka jangan segan-segan para muslimah untuk melaporkan Menag ini ke Kepolisian setempat,"

Jakarta, Akuratnews.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengeluarkan pernyataan memberikan rekomendasi terkait larangan penggunaan cadar oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), alasan Menag tidak ada ayat-ayat yang menguatkan penggunaan cadar.

Wacana larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintahan itu kemudian dikritisi oleh banyak pihak. Salah satunya adalah Jurubicara PA 212, Novel Bamukmin. Menurutnya, wacana yang dilontarkan Kemenag salah kaprah jika benar-benar diterapkan.

"Melarang pemakaian cadar itu adalah tindakan pelanggaran HAM juga melanggar Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika serta mengancam keutuhan NKRI," kata Novel lansir situs Berita Politik, Kamis (31/10/20/2019).

Bahkan Novel yang tergabung dalam Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) ini berpandangan larangan penggunaan cadar bisa dipidana.

"Niqab atau cadar itu bagian dari ajaran Islam walau terjadi perbedaan pendapat, namun melarangnya jelas sama juga melarang salah satu ajaran agama dan ini diduga bentuk pelecehan agama Pasal 156a KUHP," tegasnya.

"Kalau sampai wacana itu direalisasikan oleh menag maka jangan segan-segan para muslimah untuk melaporkan Menag ini ke Kepolisian setempat," tandasnya. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga