Jika Terkena Virus Corona, Ade Armando Mengaku Akan Bersikap Santuy

Ade Armando. (foto: Eddy Suroso/Akuratnews.com)

Jakarta, Akuratnews.com - Dosen Universitas Indonesia Ade Armando menilai masyarakat Indonesia terlalu lebay soal virus corona. Menurut Ade, virus corona itu biasa-biasa saja.

Bahkan, jika terkena virus tersebut, Ade mengaku akan bersikap santuy. Paling banter, lanjutnya, dia akan sakit dan dirawat di rumah sakit. Tapi kemudian, dia akan sembuh dan hidup normal lagi.

Ade pun mengkritik pihak-pihak yang berlebihan dalam menyikapi soal virus corona tersebut. Termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ada pula Anies Baswedan yang bilang Jakarta dalam kondisi genting, virus corona sudah di level tertinggi katanya. Omong kosong," kata Ade dalam video yang diunggah oleh akun Cokro TV, Jumat, (6/3/2020).

Ade mengatakan Dirjen WHO menyebut bahwa musuh terbesar bukanlah virus corona tapi rasa takut, kabar burung, dan stigma. Kemudian, modal terbesar adalah fakta, akal sehat dan solidaritas.

"Setuju saya," kata Ade lagi.

Ade menegaskan corona itu biasa-biasa saja. Mereka yang terkena corona di seluruh dunia memang mencapai sekitar 90 ribu orang. Tapi, dari angka itu, 80 ribu ada di China.

"Yang tewas sampai Senin pagi lalu hampir 3 ribu orang. Tapi di Asia Tenggara, korban tewas hampir tidak ada," ujarnya.

Ade menambahkan angka-angka itu relatif kecil jika dibandingkan dengan mereka yang meninggal karena penyakit-penyakit lain.

Penulis: Redaksi

Baca Juga