Jim: Anggota DPRD Sidoarjo Jadi Narsum, Indikasi Modus Gratifikasi

Ilustrasi "Sumpelan" sumber: garisbebas.com
Ilustrasi "Sumpelan" sumber: garisbebas.com

AKURATNEWS - Nampaknya, keberadaan anggota DPRD Sidoarjo bertindak sebagai narasumber dalam sebuah acara yang diselenggarakan OPD-OPD di lingkungan Pemkab Sidoarjo selama ini tak lepas dari sorotan berbagai elemen masyarakat.

Salah satu elemen masyarakat yang menyoroti masalah tersebut, adalah Ketua DPP LSM Gerah, Jim Darwin. Dia menilai, tindakan anggota DPRD Sidoarjo itu ditengarai bertentangan dengan UU 17/2014, Perpres 33/2020 dan Perbup 89/2020.

"Anggota dewan jadi narasumber dalam kegiatan yang digelar OPD-OPD Pemkab, apa kompetensi atau keahlian yang dimilikinya? Setahu saya, tugas anggota legislatif ada tiga, yaitu legislasi, budgeting dan supervisi," katanya pada Akuratnews.com, Kamis (7/10/2021).

Karenanya, Jim menduga, tindakan anggota DPRD Sidoarjo itu, selain bertentangan dengan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku, juga disinyalir sarat kepentingan untuk memperkaya diri.

"Di satu sisi, anggota dewan ini dipastikan terima honor selaku narasumber dan di sisi lain, indikasi modus gratifikasi. Ya, tidak menutup kemungkinan, anggota dewan ini pun berupaya memuluskan rencana kegiatan dan anggaran yang diajukan OPD-OPD," tandasnya.***

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga