JK Buka Rakornas BKPRMI

Jakarta, Akuratnews.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) membuka Rakornas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) tahun 2019. Dalam sambutannya, JK berpesan agar para pengurus BKPRMI menjauhkan agenda politik di dalam masjid. Pasalnya, jika masjid dilibatkan dalam politik akan menimbulkan perpecahan.

"Jangan pernah memakai orientasi keagamaan, masjid dipakai dalam politik. Karena kalau dipakai dalam politik pasti jamaah masjid pecah. Karena pasti ada pihak nomor 1, ada pihak 2. Kalau kampanye nomor 1 atau nomer 2 pasti pecah itu masjid," kata JK saat membuka Rakornas BKPRMI di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019).

JK juga meminta kepada pengurus masjid agar berperan dalam mempersatukan bangsa. Dirinya tak ingin jamaah berseteru hanya karena politik dibawa ke dalam masjid, yang notabennya tempat untuk beribadah kepada Allah SWT.

"Kalau jamaah berseteru bagaimana ibadah itu," tambahnya.

Bukan hanya tempat ibadah, JK juga ingin masjid bisa digunakan sebagai pusat pendidikan dan ekonomi.

"Saya pernah bilang pengajian di masjid, bukan hanya pengajian pengajian tentang akhirat, ibadah, tentang surga dan neraka. Tapi juga pengajian bagaimana pertanian dimajukan bagaimana kesehatan dimajukan, bagaimana urusan dagang. Jangan lupa Rasullah sebelum jadi nabi, rasul ya pedagang dulu," jelasnya.

Senada dengan JK, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPP BKPRMI), Said Aldi al Idrus menyampaikan, bahwa pemuda masjid harus menjadi perekat ummat.

"Pemuda masjid harus menjadi pelopor perekat umat dimana pun berada," tuturnya.

Said juga mengintruksikan agar BKPRMI di daerah tetap bermitra dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) sehingga pembinaan ummat terus berkesinambungan.

"Dengan memakmurkan masjid, maka DMI dan BKPRMI akan terus bersama untuk membina umat yang berada di kawasan mesjid," tambahnya.

Kegiatan Rakornas dan GEMAS LPPKS serta rakor Brigade BKPRMI diikuti 1500 peserta DPW dan DPD BKPRMI dari seluruh indonesia. (Yan)

Penulis:

Baca Juga