Jokowi – Ma’ruf Amin Sah Jadi Presiden-Wapres RI Periode 2019-2024

Jakarta, Akuratnews.com - Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 setelah diambil sumpahnya dalam Sidang Paripurna MPR di Gedung DPR/MPR, Senayan, Minggu (20/10/2019).

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," demikian sumpah Jokowi dalam pelantikannya.

Setelah itu, giliran Ma'ruf Amin yang mengucap sumpahnya sebagai Wapres RI.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Ma'ruf Amin.

Sidang Paripurna MPR diawali dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada pukul 15.30 Wib atau molor sejam dari waktu yang dijadwalkan. Setelah itu sidang resmi dibuka oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo atau yang kerap disapa Bamsoet.

Usai membuka sidang, Bamsoet kemudian membacakan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) diikuti dengan pengambilan sumpah Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin berlangsung meriah dan khidmat. Sejumlah kepala pemerintahan/negara seperti PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Kamboja Hun Sen, PM Australia Scott Morrison, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, serta Raja Eswatini Mswati III turut hadir dalam pelantikan.

Sementara itu, sejumlah negara seperti Amerika Serikat, China, Laos, Filipina, Vietnam, Thailand, Jepang dan Korea Selatan mengirim utusan khusus.

Hadir pula sejumlah mantan Presiden dan Wakil Presiden, yaitu Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-6 Boediono dan Jusuf Kalla.

Seluruh putra/putri Jokowi menghadiri pelantikan, namun tidak dengan menantu dan dua cucunya, Selvi Ananda, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga