Debat Capres 2019

Jokowi Sebut Kedepannya Diperlukan Pemerintahan Dilan

Jakarta, Akuratnews.com - Dalam debat putaran keempat, Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kedepannya diperlukan pemerintahan Dilan.

"Digital melayani, karena pelayanan bukan hanya melayani tapi juga kecepatan," ujar Jokowi dalam Debat Capres Keempat Pemilu 2019 di Jakarta, Sabtu (30/3).

"Diperlukan reformasi bidang pelayanan lewat berbasis elektronik. Penyederhanaan dan penajaman kelembagaan, tidak perlu banyak lembaga, kita sudah bubarkan 23 lembaga agar lebih ramping dan tidak berbelit-belit," imbuh Jokowi.

Dikatakannya, peningkatan kualitas aparatur negara juga dibutuhkan. agar bisa melayani dengan cepat berbasis elektronik.

Jokowi berpendapat, kedepannya bukan lagi negara besar dan kuat yang menguasai negara kecil dan lemah, tetapi negara yang cepat akan menguasai yang lebih lambat.

Hal itu menurutnya bisa dilakukan jika semua terkoneksi, mulai dari pusat hingga kabupaten/kota, sehingga lebih efektif.

"Lembaga yang tidak perlu bisa dibubarkan," ucapnya.

Sementara Capres nomor urut 02, Prabowo mengatakan, teknologi informasi adalah sesuatu yang vital bagi pemerintahan dan Prabowo-Sandi akan mengutamakan penggunaan teknologi informasi untuk mencapai transparansi.

"Jadi sebagai sistem yang baik, tapi kalau tujuannya tidak jelas, yang ingin kita capai adalah pemerintahan yang efektif dari korupsi. Teknologi informatika ini sangat efektif," paparnya.

Dia juga berpendapat bahwa teknologi informatika adalah keharusan dan harus dilaksanakan.

"Kita harus punya single identity card, satu kartu cukup unyuk fungsi utama," imbuhnya.

Prabowo menambahkan, masalah bangsa ini adalah kekayaan yang tidak tinggal di Indonesia, dengan sistem yang hebat bagaimanapun, kalau tidak ada political will, hal itu akan percuma.

"Untuk apa cepat, kalau cepatnya adalah kekayaan Indonesia mengalir ke luar negeri, saya lebih baik pakai sistem lama yang penting kekayaan tidak mengalir ke luar negeri," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga