JP Maharani Menilai Pidato Ketua DPR RI untuk Penguatan Kebangsaan

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani

AKURATNEWS - Pidato Ketua DPR RI, Puan Maharani yang disampaikan pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Jumat 1 Oktober 2021 lalu dinilai sebagai penguatan kebangsaan.

Menurut Ketua JP Maharani, Zulfikar Marikar, kalimat atas nama bangsa janganlah diartikan sempit, kalimat tersebut merupakan rangkaian pesan dan mengingatkan kepada seluruh warga negara tanpa terkecuali harus wajib berikrar untuk selalu setia mempertahankan Pancasila.

"Janganlah diartikan sempit, tetapi harus dilihat dari substansi pidato tersebut, yang merupakan rangkaian pesan terhadap penguatan kebangsaan dan mengingatkan kepada seluruh warga negara tanpa terkecuali harus wajib berikrar untuk selalu setia mempertahankan Pancasila" ujar Zulfikar di Jakarta, Minggu 3 September 2021.

Dia menambahkan, dalam kamus KBBI disebutkan bahwa pengertian bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Oleh karenanya menurut penggunaan kata atas nama bangsa dalam narasi yang positif resmi sangat wajar.

"Bahkan lebih jauh kata atas nama bangsa wajib digunakan oleh segenap warga negara untuk melindungi tanah tumpah darah indonesia, sebagai bentuk kecintaan warga negara terhadap bangsa dan negaranya" ucap Zulfikar.

"apalagi pada pidato tersebut Puan Maharani berdiri sebagai ketua DPR RI yang merupakan representatif perwakilan rakyat Indonesia dilegislatif, yang pesan utama pidato tersebut untuk mengingatkan memori kolektif kebangsaan agar seluruh stake holder setia selalu menjaga ideologi Pancasila yang sudah teruji kesaktiannya dalam menghalau tantangan-tantangan kebangsaan dimasa lalu" pungkasnya.***

Penulis: Redaksi

Baca Juga