JPMI Berharap Forkonas PP DOB Lebih Aktif Bicarakan Pemekaran Daerah di Banten

JPMI
JPMI

AKURATNEWS - Koordinator Presidium Jaringan Pemuda dan Mahasiswa Indonesia (JPMI), Deni Iskandar, mengapresiasi dan mendukung penuh, permintaan Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP DOB) pada pemerintah, agar segera membuka moratorium pemekaran daerah dengan cara segera diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Tentang Penataan Daerah, sebagai turunan dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Otonomi Daerah.

"Ini harus diapresiasi, sebab gagasan pemekaran daerah otonomi baru, adalah bagian dari semangat reformasi, dalam mewujudkan kemajuan daerah, terutama dalam bidang pembangunan dan pengembangan ekonomi daerah. Oleh karena itu, JPMI sebagai organisasi pemuda dan mahasiswa, mendukung penuh langkah ini," kata Deni, Jumat (09/04) dalam keterangan persnya.

Mantan Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta itu berharap, Forkonas PP DOB dibawah kepemimpinan Syaiful Huda itu, skema pemekaran daerah atau Daerah Otonomi Baru (DOB) yang menjadi agenda pembangunan nasional itu, bisa terus disuarakan, termasuk dengan agenda pemekaran daerah di provinsi Banten bagian Selatan.

"Kami berharap, dibawah kepemimpinan bang Syaiful Huda ini, Forkonas PP DOB, bisa terus konsisten menyuarakan agenda pemekaran daerah di seluruh Indonesia. Termasuk dengan agenda pemekaran di Provinsi Banten bagian selatan. Seperti di daerah Kabupaten Pandeglang, itu perlu ada pemekaran, agar pemerataan pembangunan maupun pengembangan ekonomi daerah bisa terwujud," jelasnya

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari banyak sumber, ada 4 wilayah di tiga kabupaten, yang wacananya akan dimekarkan, diantaranya yakni, DOB kabupaten Caringin dan Cibaliung dari kabupaten Pandeglang, DOB kabupaten Cilangkahan dari kabupaten Lebak dan DOB kabupaten Tangerang Barat dari Kabupaten Tangerang.

Seperti diketahui, Syaiful Huda, Jumat (09/04) secara resmi telah dilantik menjadi Ketua Umum Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP DOB). Acara pelantikan dan Rakernas itu dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad dan Jazilul Fawaid. Kedua tokoh tersebut didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina dan Wakil Ketua Dewan Pembina Forkonas PP DOB 2021-2025.

Selain itu hadir perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Wakil Gubernur Lampung Chusnuniah Chalim, serta seluruh pengurus wilayah Forkomnas PP DOB se-Indonesia baik secara offline maupun online.

Penulis: Redaksi

Baca Juga