Judika dan Andmesh Rajai Billboard Top 100 Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com – Judika dan Andmesh  Kamaleng, dua musisi muda tanah air mengukir prestasi cemerlang lewat merajai tangga lagu Billboard Top 100 Indonesia.

Judika berada di tangga pertama lewat lagu ‘Cinta Karena Cinta’, sedangkan Andmesh berada di dua tangga setelahnya lewat lagu 'Hanya Rindu' dan 'Cinta Luar Biasa'.

Tangga lagu ini sendiri merupakan sebuah program ikonik dari perusahaan label rekaman Billboard Indonesia yang baru saja resmi diluncurkan.

Program ini merupakan lisensi dari Billboard di Amerika Serikat (AS) yang hadir di Indonesia sejak 30 November 2018 silam.

Seperti namanya, Billboard Top 100 Indonesia memuat daftar 100 lagu terbaru paling populer di masyarakat pada setiap pekan di semua genre musik di Indonesia. Kemudian diperingkat dengan menggunakan beragam data sehingga mencetak total skor.

Aldo Sianturi, Chief Operating Officer (COO) Billboard Indonesia menjelaskan, data bersifat umum, sangat obyektif, transparan dan akurat dalam merangkum semua genre musik yang ada di Indonesia.

“Mulai dari platform streaming music, posisi di Indonesia grafik, pemutaran radio mingguan, pemirsa platform streaming video, serta pemutaran mingguan di jaringan karaoke terdaftar,” ujar Aldo Sianturi di Jakarta, Rabu (25/9).

Aldo menambahkan, semua lagu di tangga lagu ini dibatasi oleh penggunaan lirik lagu berbahasa Indonesia, meski hanya secuil.

“Jadi kalau grup musik Indonesia menggunakan lirik bahasa Inggris, ya tidak bisa masuk. Sebaliknya, kalau Bon Jovi di lagunya ada kata ambyar, ya bisa masuk Billboard Top 100 Indonesia,” jelas Aldo.

Tangga lagu ini pun banyak manfaatnya. Bagi musisi, misalnya, barometer ini akan menjadi satu motivasi penting, sehingga kerja kerasnya dalam bentuk karya cipta ditampilkan dalam tangga lagu akan diapresiasi oleh masyarakat Indonesia.

Dengan adanya Billboard Indonesia Top 100, Aldo Sianturi berharap akan membuat musik Indonesia makin berjaya dan sehat secara ekosistem. Sekaligus memberikan nilai ekonomi bagi industrinya.

“Kami tengah menyusun langkah selanjutnya untuk Billborad Top 100 Indonesia. Dalam waktu dekat program ini bisa masuk di salah satu stasiun televisi terkemuka,” imbuhnya.

Turut hadir dalam Peluncuran Billboard Top 100 Indonesia, antara lain Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Ketua Umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) Gumilang Ramadhan, CEO Nagaswara Music Rahayu Kertawiguna, Ryan vokalis d’Masiv dan Nagita Slavina.

Triawan Munaf pun menaruh harapan, hadirnya Billboard Top 100 Indonesia akan menambah baik lagi ekosistem musik Indonesia dan industrinya.

Vokalis Rian d’Massiv menambahkan, tangga lagu di Billboard Top 100 Indonesia akan menyemangati musisi Indonesia untuk berkarya lebih baik.

“Saya senang baget kalau lagu saya masuk chart. Itu bisa jadi acuan, apakah lagu kami disukai masyarakat atau enggak. Semoga bisa jadi angina segar bagi musisi,” ujar Rian.

Berikut daftar lengkap 10 besar Billboard Top 100 di pekan ini:

1. Judika: 'Cinta karena Cinta'
2. Andmesh: 'Hanya Rindu'
3. Andmesh: "Cinta Luar Biasa'
4. Marion Jola dan Laleilmanino: 'Rayu'
5. Yovie Widianto, Tulus, dan Glenn Fredly: 'Ady Rayu'
6. Marion Jola dan Rizky Febian: 'Tak Ingin Pisah Lagi'
7. Sal Priadi dan Nadin Amizah: 'Amin Paling Serius'
8. Budi Doremi: 'Tolong'
9. Brisia Jodie: 'Rekah'
10. Juicy Luicy: 'Tanpa Tergesa'

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga