Tetap Tegaskan Komitmen Investasi

Justin Lim dan Weststar Group Malaysia Siapkan Ambulans Mobile Test Covid-19 di Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com - Kondisi perekonomian yang sedang lesu akibat wabah virus Corona (Covid-19) yang merebak ke seluruh dunia tak mengurungkan niat pengusaha Malaysia sekaligus Strategic Principal Partner Weststar Grup di Indonesia, Justin Lim dan grupnya untuk melanjutkan rencana menamankan modal di Indonesia.

"Kita tetap pada komitmen sesuai rencana awal untuk berinvestasi di Indonesia di bidang otomotif dan aviation bersama grup Weststar dan group pendanaan dari AS. Sampai sekarang semua masih berjalan sesuai planing kita," ujar Justin Lim saat wawancara via video call dari Kuala Lumpur, Kamis (26/3).

Meski situasi saat ini sedang tidak kondusif, tapi pengusaha asal Malaysia ini melihat peluang berinvestasi di Indonesia masih sangat menjanjikan, ditambah lagi potensi pasar yang sangat besar. Apalagi pemerintah Indonesia di bawah kepimpinan Presiden Jokowi, sangat mendukung dan memberikan kemudahan bagi investasi asing yang akan masuk ke Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi kebijakan-kebijakan ekonomi Presiden Jokowi yang memudahkan investor asing untuk masuk di Indonesia,” ucap Justin dari Kuala Lumpur yang yang saat ini tengah di lockdown karena wabah Covid-19.

Menurutnya, situasi yang kurang bagus karena pandemik virus Covid-19, tidak harus membuat semua pihak pesimis.

“Kita harus tetap optimis dan positif thingking, kita semua pasti segera bisa melalui cobaan ini jika berupaya bersama-sama,” ujarnya.

Oleh karena itu dalam situasi sulit ini, pihaknya juga mengupayakan turut serta membantu mengatasi wabah Covid-19 di Indonesia.

Seperti halnya di Wuhan, China, Justin dan Weststar Group berniat mendatangkan ambulans dengan desain khusus untuk mobile test Covid-19 bagi masyarakat Indonesia.

“Di Wuhan sudah diproduksi massal ambulans ini sampai 1.000 unit. Ambulans ini didesain khusus untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Ambulans yang didesain dari mobil Maxus itu, hanya membutuhkan waktu 10 hari saja untuk penyelesaiannya dan telah dirancang dengan sebuah ruang isolasi dan juga peralatan medis yang lengkap dan sangat mendukung untuk melakukan test Covid-19 secara mobile.

Ambulans ini nantinya dapat bergerak menjangkau daerah-daerah agar masyarakat tak perlu lagi datang ke rumah sakit.

“Jadi apabila terdapat pasien yang positif terjangkit virus Corona, maka telah disiapkan ruang isolasi di dalam ambulans, sehingga bisa langsung dibawa ke rumah sakit,” kata Justin.

Rencananya ambulans ini akan diproduksi massal oleh Weststar Group, perusahaan Malaysia berskala internasional milik Tan Sri Syed Azman Syed Ibrahim, yang juga sangat risau dengan keadaan saat ini dan akan siap dalam waktu kurang dari satu bulan untuk dipakai di Indonesia.

"Ambulans ini dirancang untuk mendukung pekerjaan petugas medis mengatasi wabah Covid-19 di Indonesia," ujar Justin.

Dijelaskannya lebih lanjut, pada tahap awal pihaknya akan mengajukan pengiriman 100 unit ambulans ke Indonesia.

"Indonesia perlu ambulans sekarang ini, kita bukan melihat dari sisi keuntungan semata. Kita ingin bantu dan nanti kita akan diskusi dengan pihak terkait yaitu pemerintah Indonesia dan juga patner bisnis lokal kita, Soetrisno Bachir untuk bantuan mobil ambulans ini. Saya percaya ini akan bermanfaat untuk masyarakat," ucapnya.

Bicara soal ambulans khusus penangangan virus Corona ini, Justin menjelaskan sejumlah fasilitas yang ada.

"Ada alat test Corona. Ada juga fasilitas isolasi pasien sebelum diserahkan ke Rumah Sakit. Jika sudah disepakati, kami akan mengirimkan ke Indonesia di bulan April," papar Justin.

Lebih lanjut Justin berharap untuk dapat berperan serta aktif dalam membantu masyarakat Indonesia.

“Saya berharap bisa turut serta mengatasi wabah virus Covid-19 ini, agar bisa cepat teratasi dan segera berlalu. Kita sama-sama lalui cobaan ini. Saya yakin, badai pasti berlalu dan akan muncul pelangi setelah hujan,” ucap Justin.

Dalam kesempatan ini, Justin juga menyerukan ajakan mentaati anjuran pemerintah untuk saling menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga agar terputus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Stay at home, social distancing atau jaga jarak, lakukan kerja seperti biasa tetapi di dalam rumah. Kalau kita mentaati bersama mudah-mudahan musibah ini segera teratasi,” kata Justin.

Di akhir wawancaranya Justin kembali menegaskan komitmen pihaknya di Indonesia.

"Tidak ada perubahan (planning investasi). Saya percaya, hal ini akan berakhir dan ekonomi Indonesia akan bangkit. Kita percaya akan pemerintahan Indonesia," tambah Justin.

Untuk diketahui, secara umum, investasi yang akan dibawa Justin merupakan kolaborasi perusahaan otomotif dan aviation dari Malaysia dan juga perusahaan investasi dari Amerika Serikat, yang akan melebarkan bisnisnya di bidang permodalan.

“Di saat saat seperti ini, ketika orang panik dimana mana, tapi sebagai pengusaha saya percaya akan muncul peluang-peluang investasi di Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga