Jusuf Kalla: Afganistan di Bawah Taliban Akan Alami Tranformasi Besar

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla

AKURATNEWS - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), menilai, lawan sebenarnya Taliban adalah Amerika Serikat (AS) bukan pemerintahan Ashraf Ghani di Afghanistan.

Pangkalnya, pernah dikalahkan "Negeri Paman Sam" setelah sempat berkuasa sejak 1996-2001.

"Ada tiga pihak sebenarnya yang berada dalam suatu situasi perang di antara mereka, tapi perang sebenarnya itu antara Taliban dengan Amerika,” ungkap Jusuf Kalla dalam diskusi publik Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Perdamaian Indonesia yang diselenggarakan Center for Reform, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Baca Juga: JK Bicara Soal Demokrasi Mahal dan Kritik ke Pemerintah

Menurutnya, Afghanistan di bawah kepemimpinan Taliban akan mengalami transformasi apabila disiplin tetap dipertahankan di seluruh negara itu.

Taliban sendiri saat ini sudah mengalami perubahan lebih moderat yang dapat dilihat saat terjadinya perundingan damai yang dipimpin Indonesia.

Jusuf Kalla menilai Taliban sudah sangat ingin berubah yang berbeda dengan pemerintahan lama dua dasa warsa lain. Dan saat ini ketika terjadi perubahan politik sejauh ini tidak terjadi perang saudara.

Baca Juga: Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Lebih Tingkatkan Kepedulian Donor Darah saat Pandemi Covid-19

Taliban yang sekarang disebut oleh Jusuf Kalla sudah berubah tidak seperti dua dasa warsa lalu yang kaku dan cenderung keras.

Adanya larangan terhadap wanita untuk tidak bekerja misalnya mungkin akan berubah. Oleh sebab itu ketika terjadi pengambilalihan kekuasaan relatif berlangsung damai.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi
Editor: Ahyar

Baca Juga