Kabar Bahagia! Pemkab Sinjai Siapkan Seragam Gratis Bagi Sekolah Negeri dan Swasta

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menyerahkan bantuan seragam sekolah gratis bagi siswa siswi SD Negeri 103 Bontopare, Kecamatan Sinjai Utara, November 2019. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Kabar bahagia. Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan kembali menyiapkan seragam sekolah gratis untuk murid baru kelas 1 SD, dan kelas VII SMP.

Pengadaan seragam tersebut, merupakan visi dan misi Bupati Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong di bidang pendidikan yang sudah berjalan selama dua tahun terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengatakan, pengadaan seragam gratis untuk tahun ajaran baru tahun 2021/2022 sementara dalam perampungan. Rencananya akan diserahkan pada saat memasuki tahun ajaran baru pada Juli 2021 mendatang.

"Untuk memudahkan penyaluran seragam sekolah ini, disaat calon siswa mendaftar, pihaknya langsung meminta ukuran baju dan celana kepada masing-masing pendaftar calon siswa baru," katanya.

Meski begitu, pihaknya setiap tahun berkomitmen agar selalu ada peningkatan. Jika sebelumnya bantuan ini hanya dinikmati siswa baru di sekolah negeri, maka mulai tahun ini seragam gratis tersebut juga dinikmati sekolah SD dan SMP berstatus swasta yang ada di Kabupaten Sinjai.

"Alhamdulillah kita terus melakukan inovasi terhadap program unggulan. Hal ini sesuai arahan dan petunjuk dari Bapak Bupati Sinjai. 6 sekolah swasta yang ada di Sinjai juga mendapatkan bantuan, seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Thoriqul Jannah di Kelurahan Bongki, dan sekolah swasta lainnya," ujarnya.

Dalam pengadaan seragam gratis kata Jefrianto, juga seperti tahun sebelumnya yakni pihaknya tetap memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang mana 20 penjahit lokal Sinjai.

"Tahun ini kita siapkan 3.600 lebih paket seragam sekolah bersama kelengkapannya. Untuk siswa SD dan SMP ada sekitar 2.000-an lebih. Saat ini sudah tahap packing," jelasnya.

Terkait hal ini, Bupati ASA menyampaikan bahwa pembagian seragam gratis sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pendidikan, dengan harapan dapat meningkatkan dan menunjang kualitas pendidikan di Sinjai serta meringankan beban biaya para orang tua siswa, terlebih dimasa pandemi Covid-19.

"Dimasa pandemi, pendapatan masyarakat sangat berpengaruh. Meski keuangan daerah kita terbatas, tapi namanya yang pendidikan harus diprioritaskan karena hak dasar masyarakat. Makanya program ini terus berlanjut dan bahkan tahun ini kita perluas jangkauannya untuk sekolah swasta yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Sinjai," katanya.

Selain bantuan seragam sekolah, ASA membeberkan bahwa program bantuan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, juga tetap berlanjut di tahun 2021.

"Program pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ini, juga dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang berlandaskan iman dan takwa sesuai misi Pemkab Sinjai.

Penulis: Ashari

Baca Juga