Kabar Gembira! Seleksi CPNS 2021 di Sinjai Akan Dibuka

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sinjai, Lukman Mannan. /Ashari/AKURATNEWS
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sinjai, Lukman Mannan. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Kabar gembira, perekrutan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan akan dibuka pertengahan tahun 2021.

Hal itu diakui Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Lukman Mannan, Selasa 20 April 2021.

"Iya, berdasarkan Rakor yang saya ikuti, tahun ini ada perekrutan CPNS. Itu penyampaian secara lisan, belum secara tertulis kami terima. Meski sebelumnya telah kami usulkan kuota sebanyak 300 ke Pemerintah Pusat, tentu saja ini menjadi kabar gembira" ungkapnya.

Lukman yang ditemui usai mengikuti pelantikan pejabat ekselon II di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai juga mengatakan bahwa kuota tersebut telah diusul sejak Maret dan hanya usulan sementara.

"Usulan sementara 300 kuota lebih dari berbagai formasi jurusan atau bidang ke Kemenpan RB di Jakarta," kata Kepala BKPSDM Sinjai. Namun penyampaian pastinya secara tertulis akan diperoleh akhir April atau awal Mei," katanya.

Jadi jumlah usulan ini dari berbagai jurusan. Ada teknis, fungsional dan tenaga kesehatan, dan diluar tenaga guru.

Khusus tenaga guru telah masuk dalam daftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang jumlahnya lebih dari 900 kuota, yang sudah diusul ke Kemenpan RB.

Lanjut Lukman menyarankan, kepada calon pelamar CPNS di Sinjai untuk tetap mempersiapkan diri, sehingga jika sudah dibuka pendaftaran, persyaratan sudah disiapkan.

Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan para CPNS melakukan pendaftaran nantinya.

Sebelumnya, diumumkan pemerintah bahwa akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS tahun 2021 pada Mei hingga Juni 2021.

Pada tahun ini, total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021 yang terdiri CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.275.387.

Kebutuhan tersebut terdiri dari kebutuhan instansi di pemerintah pusat sebanyak 83.669, dan instansi di pemerintah daerah sebanyak 1.191.718.

" Pada intinya seleksi dilaksanakan di Kantor Pusat BKN, Kantor Regional BKN, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN, dan tempat-tempat tes tambahan, baik itu yang dibiayai BKN maupun dibiayai mandiri oleh instansi," ujar Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo dikutip Minggu 18 April 2021.

Penulis: Ashari

Baca Juga