Beranda Daerah Kades Diingatkan Hati-Hati Kelola Dana Desa

Kades Diingatkan Hati-Hati Kelola Dana Desa

73
0
BERBAGI
alterntif text

Kalimantan Selatan, Akuratnews.com – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, mengingatkan para kepala desa dan pengelola dana desa agar berhati-hati, teliti, cermat, dan taat aturan dalam memanfaatkan dana desa, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Hal tersebut disampaikan Gubernur pada Acara Evaluasi dan Koordinasi Pengendalian Dana Desa Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017, Rabu (11/10/17). Kegiatan evaluasi dana desa ini dihadiri para camat, kepala desa, serta pimpinan instansi vertikal terkait.

Pada kesempatan itu, Sahbirin memaparkan beberapa contoh kelemahan pengelolaan keuangan negara. Salah satunya karena kurang rapi dalam administrasi.

“Kita semua mungkin pernah mendengar atau menyaksikan di televisi terkait masalah keuangan negara karena kelemahan administrasi,” ujarnya.

Gubernur berharap tidak ada lagi aparatur desa di Kalsel yang mendapat masalah hukum terkait masalah pengelolaan dana desa.

“Taati semua ketentuan perundang-undangan terkait tata kelola keuangan negara. Lebih fokus lagi pedomani pengelolaan keuangan desa atau petunjuk teknis terkait yang mengatur,” ucapnya.

Menurut dia, kelemahan dalam administrasi pengelolaan dana desa dapat dihindari. Salah satunya ialah pentingnya perencanaan cermat program pembangunan yang akan ditetapkan sebagai skala prioritas pembangunan.

“Pengelola desa harus rajin berkonsultasi dengan dinas teknis terkait agar satu persepsi dalam menyusun program dana desa. Tak perlu takut atau malu untuk bertanya, karena tidak semua kita mampu memahami sebuah produk aturan secara komprehensif,” katanya menganjurkan.

Sahbirin juga mengapresiasi semangat dan kerja keras aparatur desa bersama masyarakat dalam membangun desa. Ini terbukti dari penyerapan anggaran desa pada 2016 untuk Kalsel mencapai 98%.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalsel, Gusti Syahyar, menjelaskan, tujuan Rapat Koordinasi Program Pembangunan Pemberdayaan Desa dan Evaluasi Pengendalian Dana Desa adalah untuk memantapkan sinergitas serta menyamakan persepsi dalam mengelola dana desa. (Yov)

alterntif text

LEAVE A REPLY