Bisa Beroperasi saat Larangan Mudik

Kadis Perikanan Sinjai Pasangi Armada Stiker Khusus

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, H. Haris Achmad melakukan pemasangan stiker khusus pada armada pengangkut/distribusi hasil kelautan dan perikanan untuk masa pelarangan mudik di TPI Lappa. /Ashari/AKURATNEWS
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, H. Haris Achmad melakukan pemasangan stiker khusus pada armada pengangkut/distribusi hasil kelautan dan perikanan untuk masa pelarangan mudik di TPI Lappa. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Ditengah pelarangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melakukan pemasangan stiker khusus pada seluruh armada pengangkut atau distribusi hasil kelautan dan perikanan.

Pemasangan stiker khusus itu secara simbolis dilaksanakan langsung Kepala Dinas Perikanan Sinjai, H. Haris Achmad di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (5/5/2021).

"Pemasangan stiker khusus ini dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemkab Sinjai terhadap pelaku usaha di sektor perikanan, demi menjaga pasokan dan ketersediaan pada pelarangan mudik 6-17 Mei 2021 mendatang," kata Haris.

Selain itu, kata Haris, juga sebagai langkah menindaklanjuti surat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dengan harapan semua pihak terkait yang melakukan pengaturan sejumlah ruas jalan dibeberapa daerah dapat mengidentifikasi saat melintas dan berjalan lancar.

"Kami dari Dinas Perikanan Sinjai langsung menindaklanjutinya dan menerapkan pada seluruh armada yang akan meninggalkan TPI Lappa. Jadi dengan stiker ini untuk pengangkut hasil perikanan bukan pemudik. Diberikan secara gratis dan dikoordinir oleh Dinas Perikanan Sinjai," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 bersama jajaran pemerintah terkait diantaranya Kementerian Perhubungan, dan Polri mengumumkan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Melalui surat edaran ini, pemerintah tegas melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran demi melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

Penulis: Ashari

Baca Juga