Korupsi Dana Hibah Pemkot Surabaya

Kajari Tanjung Perak : Berkas Sudah 90 Persen, Tinggal Selangkah Lagi

Ratih Retnowati saat digelandang dibawa ke Rutan Kelas I Surabaya Kejakti Jatim. (Samsul Arifin/ Akuratnews)

Surabaya, Akuratnews.com - Setelah ditahannya enam anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 yakni, Sugito, Darmawan (Aden), Binti Rochmah, Ratih Retnowati, Dini Rinjani, dan Syaiful Aidy pihak Kejaksaan Negeri Tanjung Perak memastikan secepatnya merampungkan berkas korupsi dana Jasmas Pemkot Surabaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Rachmad Supriady, memastikan akan segera merampungkan berkas perkara kasus korupsi dana jasmas yang menjerat 6 Anggota DPRD Surabaya.

"Berkas sudah 90 persen, tinggal nunggu keterangan ahli BPK untuk menghitung kerugian negara pada kasus Jasmas ini,"jelas, Kajari Rachmad Supriady pada sejumlah media Kamis (5/9).

Masih lanjut Kajari, berkas ke enam tersangka anggota DPRD Surabaya dipisah tapi perkara yang sama.

"Yang pasti, untuk yang P21 dulu adalah perkara dua tersangka sebelumnya, Sugito dan Darmawan,"paparnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, enam tersangka anggota DPRD Surabaya yakni Sugito Politisi dari Hanura, Darmawan Politisi dari Gerindra, Binti Rochma Politisi dari Golkar, Syaiful Aidy Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Ratih Retnowati asal Partai Demokrat dan Dini Rinjati dari Partai Demokrat telah ditahan di Rutan Kelas I Surabaya Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Dari enam tersangka, tiga tersangka sempat mangkir 3 kali dari panggilan Jaksa. Hingga akhirnya penyidik melakukan jemput paksa pada tersangka Syaiful Aidy dirumahnya pada, Selasa (3/9) dikawasan Simo Surabaya.

Sedangkan tersangka Ratih Retnowati dan Dini Rinjati memilih datang dan menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Tanjung Perak pada Rabu (4/9) kemarin.

Sekedar diketahui bahwa, Ratih Retnowati adalah anggota DPRD Surabaya dua periode, yakni periode 2014-2019 dan 2019-2024 dia baru dilantik pada Sabtu (28/8) lalu.

Sedangkan Sugito, Darmawan,Binti Rochma,Syaiful Aidy dan Dini Rinjati adalah anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019. Enam legislator ini ditetapkan tersangka berdasarkan pengembangan perkara Agus Setiawan Tjong selaku pelaksana dan kordinator proyek Jasmas yang telah divonis 6 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Tipikor Surabaya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor:Redaksi

Baca Juga