Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Torehkan Kinerja Mengesankan Saat Pandemi

Jakarta, Akuratnews.com - Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Drs Liberti Sitinjak M.M, M.Si memaparkan kinerja institusi yang dikenal menaungi lapas dan keimigrasian selama tahun 2020.

Hal tersebut dipaparkannya dihadapan puluhan awak media di salah satu kafe di bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Sebagai informasi, dalam satu tahun kepemimpinannya, Kanwil DKI mampu meraih dan mempertahankan Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang didapat pada akhir Tahun 2020.

“Prestasi tersebut sekaligus menjadi motivasi kepada seluruh jajaran Kantor Wilayah untuk meningkatkan pelayanan dan mengejar predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai target yang akan dicapai pada tahun 2021,” ucapnya pada Selasa, 26 Januari 2020.

Selain memaparkan predikat-predikat, Liberti tak sungkan mengkonfirmasi pertanyaan awak media menanggapi demonstrasi terkait dugaan penemuan handphone dan narkoba di dalam lapas yang berada dibawah naungannya.

“Kita sudah melakukan rutinitas penggeledahan, dan hampir 2 kali sebulan itu tetap dilakukan penggeledahan ini termasuk barang terlarang yang tak boleh ada di dalam lapas, seperti hp apalagi narkoba,” kata Liberti.

Dikatakannya, hal itu memang tidak bisa memuaskan apa yang menjadi target operasi di dalam lapas. “Dari berbagai razia itu memang persoalan nya hp, selalu kalau razia itu diatas seratus hp dan tidak pernah dibawah seratus, narkoba sendiri kita tindak tegas apalagi orang lapas sendiri yang mengedarkan kita pidanakan,” jelas Kakanwil.

Sementara isu adanya peredaran narkoba didalam lapas, dalam waktu dekat ini Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta akan melakukan pembinaan mental kepada seribu lebih pegawai pengamanan pada Rutan, Lapas dan pegawai Keimigrasian.

“Kami akan melibatkan Pusdiskes Angkatan darat untuk membentuk character building pegawai menjadi ASN yang menjadi pegawai yang Profesional,” ucap Liberti.

Terkait pembinaan mental kepada pegawai di lapas-lapas atas isu peredaran narkoba Liberti Sitinjak sangat optimis di atas 90 % akan tercapai yang terpenting faktor Sumber Daya Manusia (SDM) agar ketegasan dan professional.

Selama masa kepemimpinan Liberti Sitinjak juga berhasil membina LBH di seluruh DKI Jakarta sekitar 41 LBH yang terdaftar di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dengan menerapkan manajemen organisasi LBH yang profesional.

Selain di bidang pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham DKI juga telah banyak melakukan terobosan. Diantaranya dalam pembuatan pasport yang bisa diambil hari Sabtu.

Selain itu di tengah pandemi, masyarakat bisa mengajukan permohonan pembuatan paspor lewat surat. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Jaksel, M Tito Adrianto yang menyertai Kakanwil DKI.

"Sekarang masyarakat bisa ambil paspor hari Sabtu, hal ini untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," paparnya.

Baca Juga