Kampung Digital Netzme Incar Wilayah Tak Berakses Keuangan

Jakarta, Akuratnews.com - Terinspirasi dari semangat gotong royong khas budaya Indonesia, Netzme, sebuah aplikasi pembayaran berbasis komunitas mencoba hadir dengan beragam layanan jasa akses layanan keuangan dan beragam fitur pengembangan kewirausahaan mikro kreatif.

Konsep di atas pun diterjemahkan melalui pengembangan Kampung-Kampung Digital Netzme di seluruh Indonesia.

“Fokus kami coba memberikan solusi akses keuangan sebagai bagian dari program inklusi serta literasi keuangan yang lebih baik, menyenangkan dan optimal bagi masyarakat Indonesia di kota-kota kecil hingga pedesaan, khususnya yang belum memiliki akses keuangan (unbanked people)," ujar Vicky G. Saputra, CEO Netzme di Jakarta, Kamis (27/12).

Saat ini, beber Vicky, baru sekitar 100 kampung yang telah disasar program ini.

"Dan itu pun belum seluruhnya aktif. Kita akan terus upayakan bertambah," jelasnya.

Program 1000 Kampung Digital Netzme ini sendiri telah resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia (BI) pada 19 Desember 2019. Netzme oleh BI sudah diberikan izin sebagai penerbit Uang Elektronik (e-money) dengan Surat Nomor 21/584/DKSP/Srt/B dan sebagai Penyelenggara Transfer Dana dalam rangka penyediaan fitur Transfer Dana melalui
Uang Elektronik dengan nomor izin 21/270/DKSP/98 tanggal 19 Desember 2019.

Dipaparkan Vicky lebih lanjut, sejauh ini total pengguna aplikasi NETZME telah lebih dari 2,5 juta pengguna dan lebih dari 97 persen adalah pengguna yang berasal dari kota kecil maupun pedesaan seperti Ciamis, Roteng, Solok, Tapaktuan, Soppeng dan kota-kota lainnya.

"Target Netzme selanjutnya adalah untuk segera dapat merampungkan partisipasi Netzme dalam program implementasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pembayaran dari Bank Indonesia dan juga memulai lagi proses pelaksanaan Penawaran Umum Saham Perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI)," ujar Vicky.

Dua hal tersebut, imbuh Vicky, diharapkan dapat segera dicapai selambatnya semester pertama 2020 mendatang.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga