Imbas Pandemi Covid-19 Bagi Pekerja Pertunjukan

Kang Was, Pekerja Jasa Konstruksi Panggung yang Sempat Banting Stir Jualan Tissu Kiloan

AKURATNEWS - Pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun  membuat semua bidang usaha terimbas. Tak terkecuali pekerja jasa konstruksi untuk panggung dan pertunjukan. Salah satunya adalah 57 Production. Nyaris selama pandemi, aktivitas kerja 57 Production terhenti lantaran tak ada kegiatan di bidang pertunjukan.

"Paling cuma ada job bikin tenda acara duka atau  acara tes Covid-19 dan vaksin. Bahkan temen saya sesama pekerja jasa ini banting stir menjadi pembuat peti mati," ujar pemilik 57 Production, Wasis Waluyo, baru-baru ini.

Dirinya sendiri pun sempat banting stir menjadi distrubutor tissu di sejumlah rumah makan dan restoran bersama komedian Inyong Parto.

"Karyawan kita rumahkan 50 persen. Saya banting stir jualan tissu kiloan buat rumah makan dan restoran sama kang Inyong Parto. Ya kita jalanin aja apa yang bisa kita lakukan," ujar pria yang akrab disapa Kang Was ini.

Kini, saat pandemi mulai mereda, Kang Was mulai bergerak lagi dalam bidang jasa konstuksi panggung dan pertunjukan. Salah satunya adalah tantangan berat pembuatan konstruksi panggung lintasan test drive mobil Toyota Fortuner dan Land Cruiser seri terbaru pada 18-22 Januari 2022.

"Event terbaru ini bikin saya deg-degan. Harus terus ngikutin atau ngawasin di lapangan. Sampai-sampai untuk istirahat tidur pun, kurang," bebernya.

Memulai ikut dalam jasa jasa konstuksi panggung dan pertunjukan di akhir 1990-an, pria kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah ini kerap terjun membuat tribun, barikade sampai konstruksi panggung untuk event nasional dan internasional. Pada 2014-2018, ia dipercaya membuat tribun di setiap upacara 17 Agustus di Istana Negara. Tribun di ajang Asian Games 2018 dan konser Metallica pada 2013 silam.

"Selain butuh skill, melakoni pekerjaan seperti ini juga perlu modal nekat. Yang penting, bekerja dengan benar dan punya tanggung jawab. Alhamdulillah, kepercayaan yang saya peroleh semakin banyak. Saya selalu diingatkan, setiap melakukan pekerjaan apa pun, ya harus dengan prinsip benar. Pasti, akan dapat hasil yang terbaik," beber ayah empat anak yang juga penyanyi lagu-lagu Reggae Jawa Ngapak.

Salah satu lagu yang baru dirilisnya di akhir 2021 berjudul 'Godong Garing' yang merupakah buah ciptaannya sendiri.

"Ikutan di dunia hiburan buat keseimbangan hidup saja. Jadi, nggak cuma serius di bidang konstruksi panggung, tetapi bisa menghilangkan stres dengan bermusik," ujar pria 38 tahun ini.

Walau begitu, ia menolak disebut pengusaha atau artis muda yang sukses, Kang Was mengaku justru ingin menikmati hidup apa adanya. Termasuk dalam gaya hidup.

"Saya ini wong ndeso. Jadi, tidak perlu neko-neko. Prinsip kerja benar dan penuh tanggung jawab, selalu saya pegang teguh," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga