Sejumlah Perwira Tinggi Polri dapat Promosi

Kapolri Tunjuk Irjen Gatot Eddy Pramono Sebagai Wakapolri

Irjen Gatot Eddy Pramono
Irjen Gatot Eddy Pramono

Jakarta, Akuratnews.com - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mempromosikan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono sebagai Wakil Kapolri menggantikan Komjen Ari Dono. Promosi tersebut berdasarkan surat telegram (ST) nomor ST/3330/XII/KEP./2019.

Ari Dono digantikan lantaran akan pensiun pada 31 Desember 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono membenarkan ST tersebut. Ia mengatakan promosi jabatan tersebut adalah hal yang biasa terjadi di Polri.

"Ya benar, TR Wakapolri sudah keluar. Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” ujar Argo, Jumat (20/12/2019).

Promosi jabatan Gatot Eddy terbilang menjadi suatu yang baru di Polri. Pasalnya, selama ini status Wakapolri selalu dijabat oleh seorang perwira tinggi yang telah memiliki pangkat Komjen. Sementara, Gatot sendiri berpangkat Irjen dan baru akan memperoleh pangkat Komjen setelah promosi ini.

Rekam jejak Gatot Eddy diketahui sebagai lulusan Akpol 1988. Ia memiliki kemampuan di bidang reserse.

Gatot tercatat sebagai Sekretaris Pribadi Kapolri pada 2006. Kemudian dia menjabat Kapolres Depok pada 2008.

Lalu, Gatot menjabat Kapolres Jakarta Selatan pada 2009. Kemudian ia pernah menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 2011.

Kemudian Gatot menjabat Analis Kebijakan Madya bidang Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri pada 2012. Masih di 2012, ia menjabat Analis Kebijakan Madya bidang Pengkajian Strategi Staf Operasional Polri.

Setahun kemudian ia menjabat Kepala Bagian Dukungan Administrasi Operasional Biro Pembinaan Operasi Staf Operasi Polri. Selanjutnya, Gatot menjabat Kepala Biro Kelembagaan Tata Laksana Staf Perencanaan dan Anggaran Polri pada 2014.

Ia pernah juga menjabat Kapolres Blitar pada 2015. Setahun kemudian, Gatot menjabat Wakapolda Sulawesi Selatan.

Pada 2017 ia pernah menjabat Staf Ahli Sosial Ekonomi Kapolri. Kemudian dia menjabat Asisten Perencanaan dan Anggaran Kapolri 2018. Hingga akhirnya pada 22 Januari 2019, Gatot diangkat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya

Dalam ST Kapolri Jenderal Idham Azis, sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri dimutasi. Mutasi tersebut tertuang dalam empat ST bernomor 3329, 3330, dan 3331.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Redaksi

Baca Juga