Kasal: Peringatan Hari Armada Bentuk Rasa Syukur Kepada Tuhan

Jakarta, Akuratnews.com - Puncak Peringatan Hari Armada RI Tahun 2018 dipusatkan di Komando Armada I dengan menggelar Upacara Parade dan Defile di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Rabu (5/12/2018).

Peringatan kali ini mengangkat tema 'Armada RI Kesatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI'. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Kasal mengatakan, bahwa pelaksanaan upacara ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut karena mengingatkan kita tentang sejarah berdirinya Armada Republik Indonesia.

“Peringatan Hari Armada RI yang dilaksanakan setiap tahun, tidak hanya sekedar kegiatan seremonial semata, tetapi merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas peran Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III dalam melaksanakan tugas pertahanan negara di laut," kata Kasal dalam sambutannya.

Menurutnya, peringatan Hari Armada juga menjadi wujud introspeksi dan evaluasi bagi seluruh jajaran armada atas pelaksanaan tugas yang telah diemban sehingga ke depan diharapkan akan semakin optimal.

Siwi juga mengungkapkan, perkembangan lingkungan strategis saat ini semakin sulit diprediksi karena dinamika perubahan global yang begitu cepat dan bentuk ancaman yang makin kompleks, baik ancaman potensial maupun ancaman faktual.

"Ancaman faktual yang dihadapi saat ini meliputi separatisme, pelanggaran wilayah, terorisme, pelanggaran hukum di laut, wabah penyakit dan bencana. Hal ini menimbulkan kerugian negara dan mengganggu stabilitas keamanan nasional," jelasnya.

"Keterlibatan TNI AL dalam operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang baru-baru ini terjadi di Lombok dan Palu adalah salah satu contoh kontribusi nyata TNI AL bagi bangsa dan negara," tambahnya.

Selain Upacara Parade dan Defile, juga digelar Demonstrasi Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang melibatkan unsur SSAT antara lain meriam pertahanan udara Unsur-unsur KRI dan meriam pertahanan udara dari Batalyon Pertahanan Pangkalan. Selain itu digelar Demonstrasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran oleh KRI dan Pangkalan serta aksi terjun payung dari Prajurit Kopaska Koarmada I dan Intai Amfibi.

Upacara dihadiri oleh Mantan Kepala Staf Angkatan Laut dan Mantan Pangarmabar, Kasum TNI, Danjen Akademi TNI, Asrenum Panglima TNI, Jajaran TNI AL dan Walikota Jakarta Utara. (Yan)

Penulis:

Baca Juga