Kasau Optimis Percepat Pengadaan Alutsista

Jakarta, Akuratnews.com - TNI AU akan memfokuskan pengentasan permasalahan yang masih tertinggal di tahun 2018 khususnya dalam pengadaan Alutsista yang mengacu pada Minimum Essentials Force [MEF], dan akan melaksanakan kerja rutin di tahun 2019.

"Khusus dibidang ini [Alutsista] pengadaan kita mengacu kepada pembangunan MEF yang mana Angkatan Udara baru tercapai 44 persen dari 100 persen di tahun 2024, yang seharusnya di akhir 2019 ini MEF kita ini sudah tercapi 66-67 persen," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, selepas Rapim TNI AU di Mabesau Cilangkap, Jaktim, Jumat (1/2/2019).

Kasau menjelaskan, pengadaan Alutsista TNI AU yang baru mencapai 44 persen tersebut dikarenakan pengadaan masih berjalan dan masih dalam proses di Kementerian Pertahanan [Kemhan].

"Namun demikian, saya optimis komitmen saya untuk mempercepat pengadaan Alutsista ini," ujarnya.

Pengadaan Alutsista sendiri menurut Kasau, membutuhkan proses yang panjang antara 2 sampai 3 tahun setelah kontrak dilaksanakan.

"Kita tahu, bahwa pengadaan tidak bisa sekarang proses sekarang kontrak kemudian sekarang datang, tidak [bisa] seperti itu khususnya pesawat, rudal itu perlu waktu dua hingga tiga tahun sehingga yang ditandatangan tahun ini itu bisa baru datang sekitar 2021-2022," jelasnya.

"Jadi, pada akhirnya saya optimis pada tahun 2024 akan tercapai, hanya ini tertunda saja karena prosesnya yang terlambat. Komitmen saya dari awal untuk mempercepat hal ini," sambungnya.

Hingga kini, ia menjelaskan, TNI AU terus berkoordinasi dengan Kemhan untuk mempercepat pengadaan Alutsista yang sedang diproses.

"Kami sekarang hanya bisa untuk berkoordinasi untuk mempercepat hal itu, begitu kira-kira," jelasnya.

Saat ini yang menjadi tugas kami membangun satuan-satuan baru sebagai tindak lanjut pembangunan Koopau III sedang berjalan semuanya.

Sebagai contoh, di wilayah timur kita membangunan skuadron 33 Herkules di Makassar.

"Insya Allah akan kita resmikan di triwulan kedua 2019 ini, demikian juga tugas skuadron 27 di Biak kita akan segera resmikan," tuturnya.

Kemudian lanjutnya, Lanud kita akan segera resmikan seperti di Wamena dan di Saumlaki akan kita proses sesegera mungkin untuk bisa diimplementasikan dibangun.

"Koopsau III juga sedang berjalan. Diharapkan tahun ini Mako-nya sudah selesai kemudian infrastruktur lainnya sampai dengan akhir tahun ini bisa selesai," pungkasnya. (Yan)

Penulis:

Baca Juga