Kasus Covid-19 di Manggarai Timur Turun ke Angka Nol, Zona Waspada pada Level III

Ilustrasi Covid-19.

Meskipun angka kasus Covid-19 menurut ke angkat nol namun, Kabupaten Manggarai Timur belum bisa keluar dari zona waspada level III, disebabkan oleh karena persentase capaian vaksinasi dosis I masih dibawah angka 40 persen.

AKURATNEWS - Untuk pertama kalinya selama hampir dua tahun terakhir, wilayah Kabupaten Manggarai Timur dinyatakan bebas Covid-19. Sampai periode awal bulan November 2021, tercatat jumlah kasus positif di Manggarai Timur menurun ke angka nol.

Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Jubir Satgas Covid- 19 Manggarai Timur, Jefrin Haryanto, dalam keterangan tertulisnya kepada akuratnews, Selasa, 2 November 2021, pagi.

Jefrin Haryanto menulis, "Hari ini kasus harian Covid 19, sudah diangka nol," terang Jubir Satgas Covid-19 Manggarai Timur itu. "Kita sangat bergembira dengan situasi ini, Semoga situasi ini bisa tetap terkendali," imbuhnya.

Meskipun angka kasus Covid-19 menurut ke angkat nol namun, kabupaten Manggarai Timur belum bisa keluar dari zona waspada level III, disebabkan oleh karena persentase capaian vaksinasi dosis I masih dibawah angka 40 persen.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, terang Jefrin, terus berupaya melakukan berbagai langkah mitigasi dan kerja sama untuk menekan resiko penyebaran Covid-19 sekaligus mempercepat proses pemulihan dengan vaksinasi.

"Secara Zonasi, Matim masih berada di level 3, meskipun sudah tanpa kasus. karena indikator capaian vaksinasi dosis 1 masih dibawa 40 persen. Pemkab terus berupaya untuk mengejar angka itu, dengan membuka banyak akses agar memperoleh stok vaksin, yang memang sangat terbatas kuotanya, papar Jefrin.

"Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, berharap agar masyarakat tetap menjaga perilaku hidup sehat yang sudah menjadi kebiasaan baru selama ini terutama terkait prokes. Karena itu adalah modal utama yang bisa memperkuat ketahanan kita menghadapi pandemi berkepanjangan ini, jelas Jefrin.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yohannes Marto

Baca Juga