Kasus Covid-19 di Sinjai Menurun, Kadinkes Ingatkan Disiplin Protkes

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik. /Ashari/AKURATNEWS
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik menyatakan bahwa wilayahnya kembali memasuki zona kuning atau risiko sedang penyebaran Covid-19.

Hal itu sesuai penetapan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, meski sebelumnya masuk zona orange per tanggal 22 Mei 2021 lalu.

Zona kuning dicapai, seiring menurunnya angka kasus dan meningkatkan angka kesembuhan Covid-19.

"Alhamdulillah, update per hari ini Kabupaten Sinjai kembali masuk kategori wilayah zona kuning Covid-19 dengan tingkat penularan rendah," ungkap dr. Emmy, Kamis (3/6/2021).

Meski kembali masuk zona kuning, dia tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena bukan hal mudah menekan penyebaran Covid-19.

Dia berharap agar zona kuning di Kabupaten Sinjai bisa terus berlanjut dengan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, hingga bisa menjadi zona hijau.

"Alhamdulillah Sinjai di zona kuning, karena kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Hal itu ditambah gencarnya program vaksinasi dari pemerintah ke semua elemen masyarakat. Mari kita berdoa, mudah-mudahan bisa menjadi zona hijau," harapnya.

Mantan Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan RSUD Sinjai ini menyebut, berdasarkan data per hari Rabu 2 Juni 2021, total kasus terpapar selama pandemi mencapai 2.874. Sementara pasien sembuh sebanyak 2.787. Dengan begitu, kasus yang aktif hingga saat ini sebanyak 67 orang.

"Iya tersisa 67 pasien. 9 pasien menjalani perawatan medis di RSUD Sinjai, dan selebihnya isolasi mandiri di rumah masih-masing," pungkasnya.***

Penulis: Ashari

Baca Juga