Kasus HIV/AIDS Meningkat, Dinkes Sinjai Terus Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik, MARS. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengungkap terdapat 19 orang menderita positif HIV/AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr Emmy Kartahara Malik mengungkapkan bahwa jumlah tersebut khusus untuk tahun 2021.

"Untuk Januari-Oktober sebanyak 19 orang kasus baru positif HIV," ucapnya, Kamis (2/12/2021).

Sedangkan total keseluruhan dari tahun 2011, kata Emmy, sebanyak 173 orang. Jumlah total tersebut termasuk tahun ini.

"Total keseluruhan 173 orang. 87 orang diantaranya sementara pengobatan, sedang selebihnya yang 86 orang tidak berhasil diselamatkan atau meninggal dunia," jelasnya.

Dari total pengidap penyakit tersebut, Emmy mengungkap bahwa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Meski demikian, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi penyakit tersebut, mulai dari tahap pencegahan atau preventif hingga penanggulangan. Salah satunya dengan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS.

"Deteksi dini pada populasi beresiko kita lakukan. Selain itu, kepada penderita yang ditemukan positif, maka dilakukan tatalaksana sesuai indikasi medis," ujarnya.

Emmy menambahkan, untuk pengobatan kepada penderita HIV/AIDS, pihaknya saat ini bekerjasama dengan UPT Kementerian Sosial dalam Asistensi Rehabilitasi Sosial.

Oleh karena itu, ia berharap kepada masyarakat di Sinjai untuk berperilaku hidup sehat dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dan menghindari narkoba, terutama yang menggunakan jarum suntik. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga