Bendung Katulampa Siaga II, Jakarta Siaga Banjir

Bogor, Akuratnews.com - Hujan deras yang terjadi di wilayah Bogor sejak kemarin, membuat ketinggian muka air di Bendungan Katulampa, Kota Bogor naik mencapai 170 sentimeter atau berada dalam status siaga II.

Petugas jaga Bedungan Katulampa, Achmad Aliyuding mengatakan, diperkirakan air kiriman akan sampai ke Jakarta dalam waktu 9 sampai 12 jam ke depan atau sekitar Minggu (19/4) pagi.

Saat ini ada sekitar 339.679 liter per detik air di aliran Sungai Ciliwung menuju Jakarta.

"Kenaikan pertama pukul 17.30 WIB ketinggian 140 centimeter. Kemudian kembali naik pukul 18.00 WIB dengan ketinggia 170 centimeter atau siaga II," kata Achmad, dalam keterangannya, Sabtu (18/4).

Atas kondisi tersebut, ia pun mengimbau bagi seluruh warga yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung untuk tetap waspada karena kawasaan Puncak dan sekitarnya masih hujan.

"Kita akan terus kordinasikan dengan pintu air lainnya untuk memantau ketinggian air," pungkasnya.

Pantauan Akuratnews di wilayah Kampung Melayu, ketinggian air di sungai Ciliwung memang terlihat lebih tinggi dari kondisi normal.

Sementara itu, banjir kiriman dari Bogor sudah melanda wilayah Pamulang dan Depok. Seperti terjadi di perumahan Bukit Sawangan Indah di Kelurahan Duren Mekar, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat, Sabtu (18/4).

Curah hujan yang tinggi pada Jumat malam hingga Sabtu dinihari tadi ditambah drainase yang buruk dan jebolnya sejumlah tanggul sungai mengakibatkan banjir

"Semalam curah hujan yang tinggi," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga