Katulampa Siaga Satu, Enam Sampai Sembilan Jam Lagi Air Sampai Manggarai

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan pemberitahuan status Bendung Katulampa, Bogor yang malam ini masuk pada Siaga 1.

Berdasarkan info yang diterima Akuratnews.com dari rilis BPBD DKI Jakarta, pada pukul 20.30 WIB, disebutkan akibat hujan yang terus mengguyur Bogor dan sekitarnya, air di Bendung Katulampa dalam status Siaga 1.

Dalam rilis tersebut disebutkan jika pada pukul 19.00 WIB, Tinggi Muka Air (TMA) mencapai 20 cm/Hujan (siaga 4). Pukul 19.45 WIB, TMA 50 cm/Gerimis (siaga 4). Pukul 20.00 WIB, TMA 60 cm/Hujan (siaga 4). Pukul 20.10 WIB, TMA 180 cm/Hujan (siaga 2). Pukul 20.20 WIB, TMA 200 cm/Hujan (siaga 2). Pukul 20.30 WIB, TMA 220 cm/Hujan (siaga 1).

BPBD DKI Jakarta meminta adanya antisipasi dimana antara enam sampai sembilan jam ke depan air dari Bogor akan sampai di Pintu Air Manggarai dengan wilayah yang akan dilalui sebagai berikut :
- Srengseng Sawah
- Rawajati
- Pengadegan
- Cikoko
- Pejaten Timur
- Kebon Baru
- Bukit Duri
- Balekambang
- Cililitan
- Cawang
- Bidara Cina
- Kampung Melayu
- Manggarai

Upaya yang telah dilakukan BPBD DKI Jakarta sendiri adalah:

1. Penyebaran informasi kepada Lurah serta warga yang tinggal dibantara kali atas Kenaikan Tinggi Muka Air Bendung Katulampa 220 cm/Hujan (siaga 1) melalui sosial media, seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, dan Website.

2. Pemberitahuan Kepada Camat & Lurah Melalui Group Whatsapp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

3. Penyebaran informasi pada masyarakat yang berada di bantaran sungai Ciliwung melalui SMS Blast.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi dapat menghubungi BPBD DKI Jakarta di PUSDATIN KEBENCANAAN di nomor telp/fax : 021 - 386 5632 dan Call Center Jakarta Siaga: 112.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga