Seminar Literasi Digital

Keamanan Siber Dalam Bersosial Media Menjadi Topik Seminar Literasi Digital Kemenkominfo dan DPR RI

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat “Keamanan Siber dalam Bersosial Media”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu Dede Indra Permana, SH yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI,  Semuel Abrijani Pangerapan B.Sc sebagai Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, serta mengundang Darma R Aditya selaku Product Manager Lead PT. Tokopedia, yang diselenggarakan pada hari Senin, 25 Oktober 2021 melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mendapatkan pengetahuan tentang keamanan berselancar di media sosial.

Narasumber pertama Dede Indra Permana dalam paparannya menjelaskan;

“Kegiatan seperti ini menjauhkan yang dekat dan juga dapat mempromosikan produk-produk kita melalu e-commerce dengan kualitas barang yg memenuhi persyaratan dan layak untuk umum”. Acara seminar ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengedukasi masyarakat untuk melindungi data-data pribadi masyarakat di era digital," jelas Dede di Jakarta pada Senin (25/10/21).

Selanjutnya narasumber kedua Semuel Abrijani dalam paparannya menjelaskan;

“Dimasa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting,” jelas Dede.

Tampil sebagai narasumber ketiga atau yang terakhir Darma R Aditya selaku Product Manager Lead PT. Tokopedia, menjelaskan;

“Pendidikan dan bisnis tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena pendidikan saling melengkapi," jelas Darma.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga