Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Slamet Banyumas Berhasil Dipadamkan oleh Tim Gabungan

Banyumas, Akuratnews.com - Kebakaran hutan yang terjadi di lereng Gunung Slamet Kabupaten Banyumas berhasil di padamkan oleh tim gabungan.

Menurut juru bicara Perhutani Kesatuan Pangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, Sugito mengatakan, bahwa tim gabungan telah ditarik ke Posko Karhutla yang terletak di kawasan Wana Wisata Baturaden Banyumas.

“Berdasarkan hasil rapat evaluasi penanganan karhutla semalam, bersama seluruh pihak, api dilaporkan padam oleh tim 1 pada hari Sabtu (21/9/2019) sekitar pukul 15.00," jelas Sugito Minggu (22/09/2019)

Kebakaran terjadi di petak 58D-10, 58D-11 dan 58D-12 dengan luas sekitar 15 hektare. Untuk mengatasi meluasnya kebakaran hutan, tim gabungan melakukan pemantauan dan di perkirakan api menyala menuju puncak dan berpotensi menyebrang hngga jalur Gunung Malang.

"Langkah selanjutnya, hari ini melakukan pemantauan untuk antisipasi kemungkinan api menyala lagi menuju puncak dan berpotensi menyeberang hingga jalur Gunung Malang," ujar Sugito.

Area yang terbakar merupakan kawasan hutan lindung dan pada kawasan tersebut berisi pepohonan dan andaman atau tanaman sejenis gambut dengan ketebalan antara 10 sentimeter hingga 20 sentimeter.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet di Kabupaten Brebes meluas ke wilayah Kabupaten Banyumas, pada Kamis (19/2/9/2019). Hal tersebut disampaikan oleh Administratur Perhutani KPH Banyumas Timur Didiet Widhy Hidayat.

Penulis: Yusfi W.S
Editor: Redaksi

Baca Juga