Opini

Kecanduan Ponsel Bisa Berakibat Fatal

Akuratnews.com - Sadarkah kita bahwa perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat, tak terkecuali perkembangan gadget saat ini sudah semakin pesat dan pengaruhnya dapat kita rasakan. Banyak anak masa kini yang tidak bisa lepas dari yang namanya dunia maya? seringkali anak terjatuh dijalan hanya karena kurang memperhatikan jalan dan yang dilihat hanyalah layar ponsel hp, bahkan pada saat makan bersama sering kali acuh menjadi acuh dengan teman dan lebih memilih fokus  ke layar ponsel, nonton televisi pun sambil melihat ponsel.

Barangkali bukan hanya anak-anak, kita pun tanpa sadar sudah kecanduan ponsel, dan bingung tak karuan bila ponsel lupa dibawa, seakan ponsel adalah barang yang wajib yang harus ada di dalam genggaman kita setiap waktu dan dimana saja.

Padahal seseorang yang tak bisa lepas dari ponsel cenderung akan mengalami di sekolah atau tempat kerja mereka akan sulit menemukan konsentrasi, belum bahaya di jalan raya karena tidak fokus mengemudi atau menyeberang jalan. Mereka juga mengalami masalah seperti kurang tidur yang berakibat buruk di lingkungan kerja.

Kondisi ini berimbas  pada bisnis di masa depan. menurut Dr Yolanda Reid Chassiakos “Kekurangan tidur dapat memberikan efek negatif pada kesehatan,”, seorang asisten profesor pediatrik di David Geffen School of Medicine, UCLA yang meneliti masalah kecanduan ponsel. “Studi menunjukkan bahwa 50 persen pelajar kecanduan ponsel pintar,” katanya.

Menurut jurnal Sleep Medicine, angka itu melonjak saat ponsel pintar menjadi suatu hal yang umum dimiliki. Baca juga : Hati-hati Menggunakan Smartphone, Gangguan Cemas Bisa Makin Tinggi John Oldshue, editor SaveonPhone.com, yang meliput tentang industri ponsel, mengatakan hingga tahun depan, dua per tiga populasi dunia akan memiliki gadget pintar. Sementara di Amerika Serikat sendiri, angkanya akan terus meningkat. Tingkat kesehatan masyarakat di dunia akan memburuk karena kurang tidur, dan produktivitas akan menurun.

Karenanya Chassiakos menyarankan agar kita mengurangi ketergantungan pada ponsel yang akan berdapak buruk bagi kesehatan, hal tersebut dapat kita muali dengan cara sederhana yaitu mengurangi ketergantungan ponsel, letakkan ponsel anda dan mulailah berbicara kepada orang lain secara langsung, lihatlah dunia nyata yang indah atau jika itu masih sulit maka tidurlah saja.

Baca Juga