Kembangkan Pulau Lusi, KKP Gandeng Pemkab Sidoarjo

Sidoarjo, Akuratnews.com - Guna mengembangkan destinasi wisata Pulau Lusi, Sidoarjo, Jawa Timur, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal mengumpulkan para stakeholder dalam waktu dekat. Ke depan, diharapkan kawasan ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Hal itu dikemukakan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), TB Haeru Rahayu, didampingi Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono saat mengunjungi Pulau Lusi, Sabtu (16/1/2021).

"Saya diminta Pak Menteri melihat Pulau Lusi. Apa yang bisa kita lakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat menggeliat. Mengembangkan pulau ini tidak seperti filosofi makan cabe, sekali gigit langsung pedas. Namun, butuh waktu, kebersamaan dan sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemda, masyarakat atau bahkan, swasta. Tadinya, lumpur Sidoarjo ini "musibah", ke depan bisa jadi sesuatu yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Hudiyono sangat mengapresiasi langkah KKP itu.

"Kedatangan Dirjen Haeru dari KKP ini sungguh merupakan berkah, karena membawa solusi untuk pengembangan destinasi wisata Pulau Lusi," tuturnya.

Perlu diketahui, Pulau Lusi seluas 93,4 ha terletak di wilayah Kabupaten Sidoarjo sebelah tenggara itu, terbentuk dari semburan lumpur yang meluap dan dibuang ke sungai Porong selama belasan tahun. Lalu, aliran lumpur ini mengendap menyerupai pulau.

KKP berencana Pulau Lusi dikembangkan sebagai Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM).  Di kawasan ini telah dibangun Tambak Wanamina seluas 2,73 ha, tujuannya untuk memantau perilaku biota ikan (pengaruh lumpur terhadap kehidupan ikan di muara). Berdasarkan tiga tahun pengamatan, ternyata ikan tetap dapat hidup. Sedangkan, sisa lahan 90,77 Ha masih belum dimanfaatkan optimal.

Baca Juga