Kemenag Bartim Gelar Pembinaan Lembaga Keagamaan Kristen 

Kemenag Bartim Gelar Pembinaan Lembaga Keagamaan Kristen 
Pembinaan lembaga keagamaan Kristen Barito Timur (Boy)

Tamiang Layang, Akuratnews.com - Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar pembinaan lembaga keagamaan Kristen se-Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, yang dilaksanakan di Hotel Ade Tamiang Layang, pada Selasa. (27/10/202).

Kegiatan pembinaan lembaga keagamaan Kristen tersebut dihadiri dua orang nara sumber dari Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Kepala Seksi (Kasi) Keagamaan, 34 Pendeta serta tiga orang penyuluh agama Kristen.

Menurut Gagat Joko Widakdo, Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan dan sistem Informasi Kementerian Agama Kalimantan Tengah, kegiatan tersebut sangat diharapkan di daerahnya.

"Bagi kami hal ini yang memang sangat diharapkan di tingkat kabupaten. Karena Biasanya kalau kami dari pihak provinsi yang mengundang itu cakupan dari tokoh agama Kristen sedikit sekali yang bisa hadir untuk mewakili kabupaten terutama perwakilan yang jauh dari Palangka Raya, tapi kalau bisa kegiatan ini per kabupaten, itu yang bisa mengikuti otomatis menerima manfaatnya lebih banyak," ungkapnya usai kegiatan, Selasa (27/10/2020).

Gagat juga menilai, jika dilihat dari sisi anggaran akan lebih hemat dan otomatis program-program dari pemerintah dalam bidang humas Kristen maupun dari kabupaten pun akan lebih banyak didengar, yang artinya juga sampai ke masyarakat, dan kami sangat senang.

“Kami sangat senang, juga berharap di kegiatan ini bahwa akan ada tindak lanjut. Dari diskusi tanya jawab tadi peserta juga mengharapkan bahwa ada grup atau komunitas terus berlanjut dari teman-teman hamba Tuhan disini. Kemudian agar di dorong dari kesejahteraan, jadi juga ada hal yang taktis yang dilakukan secara praktis yang bisa menunjang kesejahteraan untuk jemaat", tambahnya.

Ditemui terpisah, Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gunedi menyampaikan, melewati Kementerian Agama ini bisa menyimpulkan lembaga-lembaga keagamaan Kisten yang ada se Barito Timur.

“Pimpinan-pimpinan lembaga untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah melewati agama masing-masing secara khusus, dalam konteks ini adalah yang beragama Kristen", katanya.

Melewati ini juga, lanjut Gunedi, para pimpinan lembaga dan hamba-hamba Tuhan juga bisa mendengar masukan dan apa saja yang menjadi kebijakan pemerintah yang juga bisa mendukung berbagai kegiatan keagamaan termasuk gereja-gereja yang ada di Barito Timur.

“Kami berharap, para pembina lembaga, tokoh- tokoh gereja yang ada di Bartim walaupun di tengah pandemi Covid-19 ini banyak ke khawatiran, banyak ketakutan kita untuk terpapar, agar punya semangat lagi  untuk terus mengerjakan tugas-tugas pelayanannya di tengah-tengah masyarakat secara khusus masyarakat gereja yang di pimpin para tokoh -tokoh gereja dan pimpinan-pimpinan gereja", pungkas Gunedi.

Baca Juga