Teror Bom Minggu Paskah

Kemlu Tegaskan, Bukan Setiawan Tapi Seelawan

Jakarta, Akuratnews.com - Disebutnya nama Insan Setiawan sebagai pelaku bom bunuh diri oleh polisi Sri Lanka, memunculkan dugaan jika sang pelaku adalah WNI.

Atas dugaan tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menyatakan bahwa pelaku serangan bom di Sri Lanka bukanlah warga negara Indonesia.

Hal ini ditegaskan Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal.

Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Sri Lanka telah memeriksa informasi ini dan diketahui pelaku ada warga negara Sri Lanka.

"KBRI telah melakukan komunikasi langsung dengan otoritas keamanan Sri Lanka dan memperoleh informasi bahwa nama yang benar adalah Insan Seelawan, warga negara Sri Lanka," ucap Iqbal di Jakarta, Selasa (23/4).

Sementara itu, terkait dengan serangan bom, sebelumnya Organisasi Polisi Kriminalitas Internasional atau Interpol mengirimkan tim penyelidik ke Sri Lanka untuk membantu pemerintah setempat menyelidiki serangan itu.

Otoritas keamanan Sri Lanka pada hari Senin mengatakan pihaknya meyakini kelompok ekstremis Islam lokal bernama National Thowheeth Jama'ath (NTJ) berada di balik serangan mengerikan itu.

Otoritas tersebut juga akan melihat apakah kelompok NTJ mendapat dukungan jaringan teroris internasional atau tidak.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga