Kemhan Serahkan Mobile Hyperbaric Chamber dan Kapal Selam Tanpa Awak ke TNI AL

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemhan) RI menggelar pameran Bursa Penelitian dan Pengembangan Pertahanan di Balitbang Kemhan, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Pameran digelar dalam rangka mensosialisasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang telah dicapai untuk ditampilkan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Balitbang Kemhan melakukan penyerahan Mobile Hyperbaric Chamber dan Kapal Selam Tanpa Awak kepada TNI AL. Hyperbaric Chamber menggunakan material baja pilihan yang layak dipakai untuk kesehatan manusia dan memiliki standarisasi ASME.

Produk hasil kerjasama Balitbang Kemhan dengan PT. Samudra Wiwaca Kusumajuga itu memiliki nilai Carbon Equivalent (CE) yang rendah. Sementara untuk kapal selam tanpa awak, Balitbang Kemhan bekerjasama dengan PT. Robo Marine Indonesia.

Berdimensi 790mm x 2570mm x 510mm, produk yang dinamai 'Hiu Merah' tersebut memiliki kecepatan 3 knots. Selain itu, dibekali dengan 90 degrees tilted high quality zoom camera dan sanggup menyelam hingga kedalaman 150 meter.

Kabalitbang Kemhan, Anne Kusmayati menuturkan pameran Bursa Litbang bertema 'lnovasi Menuju Kemandirian Pertahanan Sebagai Wujud Bela Negara' ini sebagai pembuktian bahwa hasil-hasil Litbang selama ini bermanfaat bagi masyarakat.

"Melalui penyelenggaraan pameran ini, diharapkan masyarakat dari berbagai kalangan, institusi Pemerintah, swasta dan Iembaga riset maupun mahasiswa dan pelajar lebih mengenal produk-produk Litbanghan dalam negeri yang telah dan akan digunakan oleh TNI," ujarnya.

Pameran kali ini diikuti sebanyak 4O institusi terdiri dari 4 kementerian/lembaga, 5 TNI, 6 Perguruan Tinggi dan 25 industri. Pameran berlangsung dua hari dan berakhir esok, Rabu (29/8). (Ysf)

Penulis:

Baca Juga