oleh

Kemnaker Pastikan TKA Hanya untuk Jabatan yang Belum Bisa Diisi

Jakarta, Akuratnews.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan Pemerintah telah berupaya meningkatkan kesempatan kerja. Namun, masalah yang ada saat ini adalah ketimpangan soal kemampuan tenaga kerja.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta PKK), Maruli A Hasoloan lantas memastikan masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) hanya untuk menduduki jabatan tertentu yang belum dapat diisi oleh tenaga kerja lokal di perusahaan. Terlebih, di era globalisasi yang mana menurutnya orang Indonesia juga berkesempatan ke luar negeri untuk bekerja.

“Tetapi (TKA) kita mesti batasi hanya (untuk) jabatan tertentu yang belum bisa diisi,” ujar Maruli dalam diskusi di Sekretariat Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Jl. Sultan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018).

Ia menegaskan izin TKA hanya bersifat sementara, dan apabila tenaga kerja lokal sudah memiliki kemampuan yang dibutuhkan, maka Kemnaker tidak memberi izin bagi TKA. Hal tersebut sekaligus bertujuan untuk meningkatkan daya saing.

“Kalo mereka (perusahaan) gak difasilitasi, perusahaannya akan kolaps, gak bisa memberikan kesempatan kerja,” ucap Maruli. (Ysf)

Komentar

News Feed