Cita Rasa Indonesia

Kerak Telor, Kuliner dari Zaman Penjajahan yang Menggoyang Lidah Jakarta

Jajanan khas Betawi satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat terkenal di Ibukota Jakarta. Ya, namanya adalah kerak telor. Kerak telor, salah satu jajanan khas Betawi sering dijajakan di pinggir jalan atau dijual secara keliling. Kerak telor bisa dikatakan sebagai fastfoodnya Jakarta karena pada proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama. (Foto istimewa).

AKURATNEWS – Kebanggaan Indonesia tidak bisa dimiliki oleh bangsa lain. Seperti dalam lagu Koes Plus “Kolam Susu”, segala macam dan aneka ragam di Indonesia serba ada.

Kita tentu tahu, Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik di berbagai daerah.

Selain tempat wisata, setiap daerah juga memiliki makanan yang menjadi ciri khas dari masing-masing daerah (seni budaya, makanan khas, dan masih banyak lagi) tersebut.

Seperti di Jakarta, adalah Kerak Telor (Egg crust, bahasa Inggris) salah satu makanan khas Betawi. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan legit.

Kerak telor adalah salah satu jajanan khas Betawi yang terkenal di Jakarta. Kuliner satu ini sering dijajakan di pinggir jalan atau dijual secara keliling.

Kerak telor ini bisa dikatakan sebagai fastfoodnya Jakarta karena pada proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kerak telor ini terbuat dari bahan seperti beras ketan, parutan kelapa, telur, udang ebi, bawang merah, kencur, dan jahe.

Proses Pembuatan dan Penyajian

Pada proses pembuatannya, pertama beras ketan yang sudah direndam dengan air selama satu malam disangrai hingga setengah kering kemudian bahan campuran seperti telur, bumbu halus, udang ebi, bawang goreng, garam, dan gula pasir dikocok sampai rata.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Marel Assegaf
Editor: Ahyar

Baca Juga