Keramat Sambi, Situs Bersejarah yang Nyaris Punah

Depok,Akuratnews.com - Dahulu disekitar area yang saat ini sedang dilakukan proses pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dianggap menjadi tempat persingahan terakhir seorang tokoh ulama penyebar agama Islam di Kota Depok yang dikenal dengan nama Mpi Siun.

Konon cerita, Mpi Siun juga merupakan keturunan dari mbah Kuwu Cirebon yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi.

Meski belum diketahui secara pasti kapan figur Mpi Siun meninggal dunia, namun pusaranya itu telah dianggap menjadi salah satu situs bersejarah yang diberi nama Keramat Sambi.

Di tempat itu terdapat tiga makam sang leluhur yakni Mpi Siun, bersama pengawal dan istri terakhirnya.

Kini makam itu di rawat, oleh warga yang menjadi keturunan dari leluhurnya dan membentuk suatu wadah perkumpulan bernama Padepokan Satria Muda Betawi.

Di tiap Tahun Baru Islam, para anggota padepokan yang konon merupakan keturunan dari Mpi Siun, ini kerap mengadakan doa bersama.

Agenda tersebut merupakan acara rutin yang digelar tiap malam satu suro termasuk 1442 Hijriah atau tahun 2020.

"Kami selalu mengadakan acara doa tawasulan bersama tiap malam Tahun Baru Islam di Keramat Sambi ini," Ucap Wakil Ketua Padepokan SMB, Setya Laga Rabu,(19/8/2020) lalu.

Dan malam ini, kata dia, kita juga melaksanakan agenda tahunan kita di malam satu suro tahun ini. Doa, tawasulan hingga mencuci benda pusaka.

Menurutnya, kegiatan di Padepokan bukan hanya sekedar ada di hari besar saja, melainkan sudah jadi rutinitas.

"Tujuanya melestarikan budaya Betawi dan telah dijaga para leluhur kami," kata Setya.

Terkait adanya proses pembangunan UIII yang juga terdapat Keramat Sambi, warga padepokan berharap pemerintah juga bisa turut melestarikan salah satu peninggalan bersejarah di Depok yakni Situs Keramat Sambi.

"Kami berharap Pemkot Depok memperhatikan dan mengupayakan kelestarian budaya Betawi yang juga sebagai identitas budaya Depok” katanya.

Salah seorang pengurus padepokan SMB, Hendro Bagus Suherman mengatakan dirinya juga sangat setuju jika pemerintah mau melestarikan serta merawat situs Keramat Sambi ini.

"Pembangunan UIII akan jadi lebih baik jika dibarengi dengan terjaganya budaya Depok. Salah satunya Situs Sejarah Makam Keramat Sambi ini," harapnya.

Penulis: D Anggoro
Editor:Eko Ahdayanto

Baca Juga