Keren, Kawal Demo Mahasiswa, Polres Morowali Utara Sediakan Makan Siang Gratis

Aksi mahasiswa di Morowali disediakan makan siang Gratis. (Foto dok. Akuratnews.com)

Morowali, Akuratnews.com - Ratusan massa aksi damai yang berasal dari Universitas Tadulako (Untad) Morowali, Politeknik Industri Morowali, Stikes Morowali dan Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) DIPO mengelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Morowali, Kamis, (26/9/2019).

Kehadiran 270 masa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Morowali, membawa tuntutan penolakan kebijakan Pemerintah Pusat dan DPR RI terkait Revisi UU KPK, Rancangan KUHP, RUU Pertanahan, serta sejumlah rancangan UU lainnya yang dinilai tidak pro terhadap rakyat.

Aksi mahasiswa di Morowali, terbilang sedikit berbeda dengan unjukrasa di daerah lainnya beberapa hari terakhir. Jika aksi di daerah lain terdengar adanya benturan antara pihak aparat keamanan, berbanding terbalik dengan yang terjadi di Morowali.

Kapolres Morowali Utara, AKBP. Bagus Setiawan, SIK dan jajaran yang mengawal langsung pengamanan aksi unjukrasa menyediakan makan siang gratis untuk para mahasiswa. Bahkan Kapolres Morowali Utara, AKBP. Bagus Setiawan, SIK bersama masa aksi melakukan shalat berjama'ah di Mesjid DPRD Morowali.

"Kami berterimaksih kepada pihak kepolisian yang sudah mengawal kami dalamaksi damai dan sudah menyediakan makan siang bagi mahasiswa. Apalagi kita tutup dengan Shalat Zhuhur berjama'ah dimasjid DPRD" ujar Benny Harahap perwakilan Mahasiswa Politeknik Industri Morowali.

Benny menambahkan, sejatinya penyampaian aspirasi mahasiswa adalah mewakili jeritan rakyat menyikapi kondisi akhir-akhir ini dan sebagai mahasiswa cara penyampaiannya pun harus bermoral dan beretikan serta intelektual.

Apa yang hari ini dipertontonkan pihak kepolisian, khususnya Kapolres Morowali Utara, Kapolsek Bungku Tengah dan jawabannya sangat kami apresiasi. "Ucapan terimakasih kami sudah sampaikan langsung kepada Kapolres. Terpenting, aspirasi kita itu sampai dan di dengar," katanya.

Sementara itu, Kapolres Morowali Utara, AKBP. Bagus Setiawan, disela-sela aktifitas pengamanan menyampaikan, apresiasi kepada mahasiswa dalam bentuk aksi damai untuk menyampaikan aspirasinya. "Untuk jumlah personil, kami menyiagakan duaratus anggota sesuai jumlah estimasi massa aksi," ungkapnya.

Disisi lain, Wakil Ketua II DPRD Morowali, Asgar Ali, memastikan menerima dan mendukung tuntutan mahasiswa Morowali terkait penolakkan Rancangan UU KUHP, Revisi UU KPK, Rancangan UU Pertanahan dan beberapa revis RUU lainnya yang kontroversi.

"kami akan menyampaikan aspirasi pendemo sesuai mekanisme yang ada dan secara berjenjang dari DPRD Morowali, Pemda Morowali ke tingkat propinsi dan dilanjutkan sampai ke Pemerintah Pusat dan DPR RI," tandasnya. (*)

Penulis: Wardi
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga