Ketahui 5 Perbedaan Mirrorless dan DSLR Biar Tidak Salah Pilih!

AKURATNEWS - Bagi sebagian orang mengabadikan setiap momen dengan kamera adalah hal penting yang harus dilakukan.

Apalagi bagi kamu yang gemar berlibur atau pergi ke tempat-tempat bagus, tentunya tidak akan lengkap jika tidak mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

Untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, pastinya harus didukung dengan kamera yang mumpuni. Ada banyak sekali jenis kamera yang ada saat ini.

Namun jenis kamera yang paling banyak digunakan dan dicari yaitu kamera Mirrorless dan DSLR.

Kedua kamera ini sama-sama menjadi andalan bagi para fotografer, baik untuk pemula maupun yang sudah pro. Tetapi, masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara kamera Mirrorless dengan DSLR.

Padahal dengan mengetahui perbedaannya bisa membantu kamu memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan. So, sebelum membeli kamera sebaiknya ketahui dahulu berbagai perbedaan Mirrorless dan DSLR biar tidak salah pilih. Berikut kami telah merangkum berbagai perbedaan Mirrorless dan DSLR yang harus diketahui.

1. Bentuk DSLR dan Mirrorless

Hal pertama untuk membedakan antara DSLR dan mirrorless bisa kamu lihat dari segi bentuknya. Umumnya, DSLR memiliki bentuk yang lebih besar dibanding kamera mirrorless. Karena ukurannya yang besar kamera DSLR lebih standout untuk dibawa kemana-mana.

Sementara itu, kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih compact dan kecil. Sehingga kamera mirrorless lebih banyak dipilih untuk kebutuhan fotografer bagi yang suka jalan-jalan.

2. Dilihat dari Fitur Sensor

Kamera DSLR memiliki kemampuan sensor yang lebih mumpuni dibanding dengan kamera mirrorless. Kamera jenis mirrorless biasanya dirancang dengan satu fitur sensor untuk semua kegiatan pemotretan. Sedangkan kamera DSLR mempunyai tipe sensor yang banyak dan berbeda-beda.

Untuk pengambilan satu objek gambar saja, terdapat banyak sensor yang bekerja agar bisa menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal. Jadi, kualitas foto dari kamera DSLR ini bisa dibilang lebih unggul jika dibandingkan kamera mirrorless.

3. Bobot

Karena dilihat dari bentuknya yang kecil, maka bobot kamera mirrorless jauh lebih ringan. Bahkan, kamu bisa membawa kamera ini dengan satu tangan saja dan bisa disimpan di tempat manapun. Membawa kamera jenis ini di dalam tas juga tidak akan bobot tas bertambah. Kamu bisa membawa mirrorless dengan cara dikalungkan tanpa membuat leher kamu keberatan.

Sedangkan kamera DSLR memiliki bobot yang lumayan berat. Kebanyakan orang juga tidak begitu tahan mengalungkan kamera DSLR karena bobotnya yang bisa bikin pundak dan leher jadi pegal.

4. Kapasitas Baterai

Perbedaan mirrorless dan DSLR lainnya yang perlu kamu ketahui yaitu kapasitas baterainya. Hal yang membuat kamera DSLR lebih berat bobotnya adalah karena kapasitas baterai yang dimilikinya jauh lebih besar dan tahan lama dibandingkan kamera mirrorless.

Jenis kamera mirrorless mengusung kapasitas baterai yang lebih kecil sehingga kamu perlu mengisi ulang dayanya sesering mungkin agar bisa dipakai saat ditubuhkan. Kamera mirrorless bisa menjadi pilihan terbaik jika kamu tidak begitu intens pakai kamera.

5. Lensa

Kalau dilihat dari segi lensa, kamera DSLR mempunyai ketersediaan lensa yang lebih besar. Meski kini banyak kamera mirrorless yang kompatibel dengan berbagai jenis lensa tambahan. Tetapi kualitas gambarnya dinilai masih kalah jauh dari kamera DSLR.

Kamera jenis DSLR lebih unggul dalam kompatibilitas dengan lensa kamera. Ada lensa tipe tele, fisheye, dan jenis lensa lainnya yang bisa digunakan pada kamera DSLR. Setiap lensa memiliki kelebihannya masing-masing. Bagi kamu yang selalu ingin mencoba hal baru, kamera DSLR tentu bisa menjadi pilihan paling tepat dengan berbagai lensa yang bisa mendukung aktivitas fotografi.

Itu dia berbagai perbedaan mirrorless dan DSLR yang sudah kita simak bersama di atas. Kamu bisa menemukan beragam pilihan kamera mirrorless, DSLR, dan perlengkapan fotografi pemula dari berbagai merk dengan penawaran harga termurah di Shopee. Shopee punya banyak promo-promo spesial yang bisa dinikmati oleh para pengguna seperti promo Gratis Ongkir, Cashback, Diskon, dan aneka promo lainnya.

Sebagai e-commerce terpercaya Shopee juga menawarkan pengalaman untuk transaksi jual-beli secara aman, mudah, dan cepat. Untuk bergabung di Shopee, kamu bisa download aplikasinya lewat Google Play Store atau App Store setelah itu ikuti langkah-langkah yang ada.***

Penulis: Marel Assegaf

Baca Juga