Konflik Kashmir

Ketegangan Terus Meningkat, Pakistan Uji Kemampuan Rudal Balistik Ghaznavi

Militer Pakistan sukses uji coba kemampuan rudal balistik Ghaznavi. (foto AP).

Islamabad, Akuratnews.com - Konflik Kashmir yang terus memanas antara dua negara nuklir, Pakistan versus India kembali meruncing dalam sepekan ini. Sebelumnya Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengeluarkan pernyataan mengerikan, bahwa India mengisyaratkan akan mengubah kebijakan "bukan pengguna pertama senjata nuklir",

Dalam hal ini, dunia mengartikan, India (kemungkinan) akan menjadi negara pengguna bom Nuklir yang pertama kali jika perang dengan Pakistan, dan itu mengkhawatirkan.

Pasca pernyataan Rajnath Singh, Pakistan dilaporkan telah melakukan uji coba rudal balisitik terbaru.

Anadolu Agency melansir Kamis (29/8/2019), Militer Pakistan mengatakan, rudal tersebut bernama Ghaznavi, yang diambil dari nama penguasa Afghanistan abad ke-11, Sultan Mehmood Ghaznavi yang terkenal dengan berbagai serangannya terhadap India.

Menurut Juru bicara militer Pakistan, rudal balistik terbaru ini mampu membawa beberapa jenis hulu ledak, dengan jarak tembak hingga 180 kilometer.

Sebelumnya Pakistan telah melakukan dua uji coba rudal balistik permukaan ke permukaan yang bernama Shaheen-II, dan rudal balistik taktis Nasr.

Dengan keberhasilan uji coba ketiga dengan rudal terbaru pada Rabu malam (28/8/2019) waktu setempat, diprediksi akan meningkatkan ketegangan di Kawasan itu.

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga