Ketika “Wong Solo” Memakai Bahasa Batak

Medan, Akuratnews.com - Menjadi Presiden Indonesia harus memahami karakter dan budaya asli bangsa. Seperti pemahaman bahasa daerah. Dan Presiden Joko Widodo sangat menyelami kearifan lokal dan bahasa daerah.Ia bisa menyampaikan nasehat dengan bahasa Batak.

Ini dibuktikan saat ia hadir di acara pernikahan putrinya Kahiyang Ayu yang mendapat menantu warga Batak, Muhammad Bobby Nasution.

Dalam prosesi adat Mata Ni Horja atau puncak acara adat dalam resepsi pernikahan adat Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu di Medan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan nasihat kepada kedua mempelai dengan menggunakan bahasa Mandailing.

"Kita diajarkan, holong do maroban domu, domu maroban parsaulian, kasih sayang membawa persatuan, persatuan membawa kebaikan bersama. Ada beberapa hal yang ananda berdua amalkan, pantun hangoluan, teas hamatean, untuk itu harus menjaga sopan santun. Jika tidak menjaga sopan santun maka malapetaka akan datang," kata Jokowi dalam prosesi Ajar Poda (Nasehat orangtua), Sabtu (25/11/17).

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan agar keduanya `suan tobu di bibir dohot ate-ate`, yang artinya manis bukan hanya di mulut tapi juga dihati. Kemudian ia menyampaikan `tangi di siluluton, inte di siriaon`.

"Artinya, jika ada kemalangan walaupun tidak diundang kita wajib untuk datang dan menolong. Tapi jika ada kegembiraan kita hanya wajib datang kalau diundang. Bahat disabur sabi, anso bahat salongon. Kalau kita banyak menanam maka kita banyak memetik hasilnya," papar Jokowi.

Dalam nasehatnya, Jokowi juga mengatakan agar keduanya harus saling mencintai sebagai suami istri. Setelah mendengarkan Ajar Poda dari kedua orang tua, Bobby dan Kahiyang manortor di hadapan kedua orang tua. Prosesi ini disebut dengan Tortor Somba atau tarian sebagai tanda terima kasih dan penghormatan.

Usai melewati prosesi Tapian Raya Na Martua (Marpangir), pasangan Bobby-Kahiyang ditabalkan gelar adat. Setelah itu dilakukan upa-upa. Selanjutnya, keduanya langsung mendengarkan nasehat dari kedua orang tua.

Sebelumnya, Jokowi dan istrinya, Iriana disambut dengan tarian tortor mundur oleh pihak keluarga. Sesampainya di gelanggang Jokowi dan Iriana diulosi dengan ulos Panggobak Ni Tondi. Mereka juga sempat manortor sambil diayapi oleh raja-raja adat dan anak boru dan kahanggi.

Tortor Somba menjadi penutup rangkaian adat yang dihelat sejak Jumat, (25/11) pagi. Miggu (26/11) besok, Bobby-Kahiyang akan diarak dalam Kirab Budaya yag diikuti kereta kencana, pagelaran busana adat dan becak motor hias. (Ahyar)

Penulis:

Baca Juga