Ketua KPU Depok: Gudang Logistik Poin Penting Pelaksanaan Pemilu 2019

Depok, Akuratnews.com - Menyongsong kesiapan Pemilu 2019, merupakan tantangan tersendiri bagi para penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat. Logistik dianggap menjadi poin penting sebagai salah satu tahapan instrumenya.

"Salah satu bentuk kesuksesan dari pelaksanaan pemilu tahun 2019 adalah terkelolanya logistik pemilu dengan baik," kata Ketua KPU Depok, Nana Shobarna, saat acara peresmian gudang logistik KPU di Cimanggis, Depok, Rabu,(28/11/2018).

Dirinya mengatakan, Logistik pemilu merupakan salah satu instrumen tahapan dalam pemilu yang tidak boleh dianggap remeh. Pemilu sejatinya adalah kontestasi demokrasi, mencari dan memilih pemimpin dengan mekanisme pemberian hak suara oleh para pemilih.

Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui logistik. "Jadi, logistik pemilu memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi kepemimpinan lima tahunan sekali disamping instrumen tahapan yang lain," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini memang sudah direncanakan sejak jauh hari sebelumnya mengingat gudang yang lama sudah tidak memadai dan sudah tidak dapat menampung logistik pemilu mendatang.

Lantaran itu juga pihak KPU Depok mengajukan permohonan alokasi dana kaitan fasilitas pendukung pelaksanaan pemilu yakni gedung logistik pada KPU RI.

"Karena kapasitas gudang lama di Jalan Yukawi, Sukamaju sudah tidak memadai untuk menampung logistik yang akan dibutuhkan. Karenanya kami berfikir keras agar persoalan ini bisa diatasi, dan alhamdulillah meski sewa, gedung logistik bisa di resmikan," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Nana juga menyampaikan bahwa saat ini logistik pemilu yang sudah masuk gudang KPU Kota Depok adalah kotak suara dan bilik suara, sementara logistik yang lain secara jadwal memang belum didistribusikan ke Kota Depok.

Pengelolaan logistik pemilu, menurutnya bukanlah urusan sederhana, logistik pemilu harus dikelola dengan baik. Mulai dari keadministrasian, pengadaan, pengelolaan, pendistribusian sampai dengan kembali lagi ke gudang dan pemeliharaan.

"Logistik pemilu harus betul-betul dilakukan dikelola secara baik, agar jangan sampai persoalan-persoalan dijumpai kemudian hari," ujarnya.

KPU Kota Depok juga berharap akan ada peresmian kantor KPU Depok yang baru lantaran kondisi kantor sekarang secara fisik kondisi sudah tidak layak.

"Kami sangat berharap dalam hal ini pihak Pemkot Depok dapat prioritaskan terwujudnya sarana prasarana yamg memadai bagi KPU Depok," pukasnya.

Dalam acara tersebut, tampak juga dihadiri unsur Forkopimda, Bawaslu, Camat Cimanggis serta para Ketua PPK se-Kota Depok. Kegiatan di tutup dengan gunting pita serta meninjau gudang dan ramah tamah. (Eko)

Penulis:

Baca Juga