Ketua KPU RI Blusukan ke Pemantau Pemilu Untuk Menjaga Pilgub Yang Fair Dan Jurdil

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU RI) Juri Ardianto blusukan ke kantor para pemantau pemilu yang berada di Jalan H.R Rasuna Said, Kuningan,Jaksel. Juri berdiskusi dengan Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jakarta.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh Ichal Direktur Eksekutif ANFREL, KIPP Indonesia dan KIPP Jakarta muncul pembicaraan terkait penguatan masyarakat sipil dalam pemantauan pemilu khususnya Pilgub DKI Jakarta.

Juri mengatakan bahwa "KIPP sejarahnya mampu menghimpun massa untuk pemantauan pemilu dengan modal semangat perjuangan para aktivis.

"Setidaknya kehadiran aktifis adalah bentuk nyata publik masih memiliki sense of belonging "rasa kepemilikan" terhadap pengawalan Demokrasi Indonesia," kata Juri  di Kantor KIPP di Jakarta, Minggu (12/2/2017).

Ichal selaku Direktur Eksekutif ANFREL yang berkantor di Bangkok turut menguatkan diskusi NGOPPI "Ngobrolin Pemantau Pemilu.

"Saya melihat bahwa semangat para aktifis masih kuat untuk mengawal demokrasi, namun kita butuh pembaharuan organisasi agar semangat aktifis rasa tradisional dengan teknis yang lebih modern"jelasnya.

Dalam acara blusukan Ngopi Ketua KPU RI, Direktur Eksekutif ANFREL & KIPP juga muncul perdebatan terkait pengawalan pilkada serentak di 101 daerah khususnya di DKI Jakarta.

Bagi Rindang selaku Direktur Eksekutif KIPP Jakarta menyatakan siap untuk mengawal Pilgub DKI Jakarta, "Kami telah menyiapkan strategi teknis pemantauan pemilu seperti biasanya, pemantauan lapangan, kajian dan menghimpun relawan". Seperti diketahui Jakarta bak Putri yang dikejar oleh semua peminat, maka Pilgub DKI Jakarta diharapkan mampu menjadi pesta demokrasi yang fair untuk semua peserta," ungkap Rindang.

Juri menanggapi semangat KIPP dengan menyatakan bahwa KPU siap dikritik dan sangat suka menerima pandangan pemantau karena pemantau adalah sahabat penyelenggara pemilu yang netral dan objektif.

Dengan melihat situasi kekinian, KIPP Jakarta & KIPP se-Indonesia akan selalu menjadi sahabat penyelenggara pemilu yang kritis dengan selalu menjaga silaturahmi. (Agus)

Penulis:

Baca Juga