oleh

Ketua KPUD Depok Ajak Warga Lakukan Pengecekan DPT

Depok, Akuratnews.com – Banyak ditemukannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda membuat Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok, Titik Nurhayati mengajak masyarakat ikut melakukan pencermatan guna menghindari sengketa data pemilih.

“Pencermatan itu hendaknya tidak hanya dilakukan KPU, Partai Politik (Parpol) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), tapi masyarakat juga harus ikut lakukan pengecekan,” ujarnya di Bumi Wiyata, Depok, Kamis (13/9/2018).

Permasalahan data pemilih ini diakibatkan oleh data faktual pemilih yang muncul lebih dari sekali. Titik mencontohkan data faktual tersebut seperti, nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama, tapi tanggal lahir berbeda, kemudian nama dan tanggal lahir sama, tapi NIK berbeda, atau nama, tempat dan tanggal lahir sama namun alamat berbeda.

Menurutnya, faktor teknis dalam menginput pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga faktor mobilitas penduduk, merupakan penyebab munculnya data faktual berulang, sehingga menyebabkan kesalahan data pemilih.

Menghindari hal ini, Titik mengajak warganya melakukan pengecekan DPT untuk pemilu 2019 mendatang. Bersama dengan Sekretaris KPU dan Komisioner Bawaslu Kota Depok, Titik mengatakan, jumlah DPT Pemilu tahun 2019 di Kota Depok ada sekitar 4.712 orang yang tersebar di 63 kelurahan.

“Jadi, apakah kita sudah terdaftar sebagai pemilih pemilu 2019 atau belum. Untuk mengecek DPT bisa mengunjungi laman KPU www.datakpu.go.id,” terang Titik. (Eko)

Komentar

News Feed